oleh

Bangladesh menangkap pemilik feri setelah kebakaran yang menewaskan 39 orang

TOPIKTERKINI.COM – DHAKA: Polisi Bangladesh pada Senin menangkap pemilik feri yang penuh sesak yang terbakar dan menewaskan sedikitnya 39 orang pekan lalu, setelah penyelidik menyalahkan jumlah korban karena mengabaikan keselamatan.

Kebakaran terjadi di tengah malam pada hari Jumat ketika banyak dari 700 penumpang feri sedang tidur di dekat distrik selatan Barguna.

Para penyintas menceritakan kisah-kisah mengerikan karena harus melompat ke sungai Sugandha dari feri tiga lantai, yang hanya dirancang untuk mengangkut 420 orang.

Sebagian besar korban terbakar sampai mati sementara yang lain tenggelam di air dingin ketika mencoba melarikan diri.

Pemilik feri Hum Jalal Sheikh ditangkap Senin, seorang juru bicara polisi mengatakan kepada wartawan, sehari setelah pengadilan mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk delapan orang termasuk kapten dan awak Obhijaan-10.

Perwira polisi laut Mahbubur Rahman mengatakan kapal itu tidak memiliki alat pemadam api dan pelampung yang memadai untuk menghadapi kecelakaan besar di tengah sungai.

“Kami berbicara dengan para penyintas dan mereka mengatakan bahwa pengemudi feri menjaga kapal tetap bergerak selama hampir satu jam setelah ruang mesinnya terbakar,” katanya kepada AFP.

“Seandainya mereka menghentikan feri dan segera berlabuh, itu bisa menyelamatkan semua nyawa yang berharga ini.”

Para ahli di Bangladesh menyalahkan pemeliharaan yang buruk, standar keselamatan yang lemah di galangan kapal, dan kepadatan penduduk sebagai penyebab bencana maritim yang sering terjadi di negara Asia Selatan itu.

Sedikitnya 21 orang tewas pada Agustus ketika sebuah kapal yang penuh dengan penumpang bertabrakan dengan kapal kargo bermuatan pasir. – AN

Editor: Erank

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed