oleh

Peringati HUT ke-75, PP Yayasan Hang Tuah Gelar Seminar Nasional Kemaritiman

Topikterkini.com-Makassar | Pengurus Pusat Yayasan Hang Tuah (YHT) dalam memperingati HUT ke-75, melaksanakan Seminar Nasional bertema “Dengan Karakter Jiwa Bahari dalam Merdeka Belajar, Kita Bangun SDM YHT yang Unggul dan Tangguh”, pada Rabu, 12 Januari 2022.

Peringati HUT ke-75, PP Yayasan Hang Tuah Gelar Seminar Nasional KemaritimanSeminar nasional yang diadakan secara daring ini diikuti oleh kepala sekolah dan guru-guru Yayasan Hang Tuah Cabang Makassar, di ruang kelas 6A, SD Hang Tuah Makassar, Jalan Serdako Usman Ali No 4, Kelurahan Totaka, Kecamatan Ujung Tanah, Makassar.

Keynote Speaker webinar ini adalah Ketua Umum Pengurus Pusat Yayasan Hang Tuah, Laksda TNI (Purn) Amri Husain. Ada tiga narasumber yang tampil sebagai pembicara, yakni Dr Bambang Suprakto, A.Pi, S.Pi, MT, Kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Prof Akh. Muzakki, M.Ag, Grad.Dip.SEA, M.Phil, Ph.D, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Islam Negeri Surabaya (UINSA), dan Laksma TNI (Purn) Rosehan Chaidir, M.A.P., Anggota Pembina Bidang Umum Pengurus Pusat Yayasan Hang Tuah.

Sesuai temanya, para pembicara membahas tentang implementasi kurikulum kemaritiman pada pendidikan formal dan informal di Sekolah Dasar, khususnya di Yayasan Hang Tuah. Juga terkait penerapan kebiasaan baik untuk menjaga lingkungan dan mengurangi limbah plastik. Misalnya, dengan membawa botol minum sendiri serta bekal makan siang yang menunya berupa masakan laut.

Para pembicara menekankan pentingnya Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), terutama karakter bahari. Karakter bahari adalah nilai-nilai moral yang bersumber dari kebaharian dengan semangat mencintai laut. Cinta laut ini dalam wujudnya, bisa dalam bentuk cinta olahraga laut (dayung, selam, layar dll), peduli lingkungan laut, serta memelihara sumber daya alam dari pencurian, seperti illegal fishing. Hal lain yang ditekankan pembicara, yakni membentuk laskar bahari dan praktik kebaharian di Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) milik TNI Angkatan Laut.

Ayu Isnaeni, S.Pd, guru wali kelas 5C SD Hang Tuah Makassar, menilai positif webinar kemaritiman ini untuk lebih memperkuat pemahamannya soal karakter kemaritiman. Apalagi, sekolahnya yang bernaung di bawah Yayasan Hang Tuah memang memiliki visi kebaharian. Literasi kemaritiman itu perlu lebih implementatif dan diintegrasikan dengan pembelajaran sekolah, seperti mengunjungi museum bahari.

Kepala SD Hang Tuah Makassar, Arpin, S.Pd, M.Pd juga menilai webinar nasional kemaritiman ini sangat menginspirasi para guru dan masyarakat. Karena dapat memperkuat pemahaman kebaharian, menjaga wibawa Indonesia melalui kekuatan maritim, serta menanamkan semangat cinta bahari dan kelautan melalui kegiatan, produk, dan wisata bahari.

Dalam webinar yang dilakukan melalui aplikasi zoom meeting, sejak pagi hingga siang itu, hadir kepala sekolah dari satuan pendidikan Yayasan Hang Tuah seluruh Indonesia. Di Yayasan Hang Tuah Cabang Makassar, kepala sekolah yang ikut kegiatan ini, selain Kepala SD Hang Tuah, juga Kepsek SMP Hang Tuah, Ir Muh Agus, Kepsek SMA Hang Tuah, Nasrul, S.Pd dan Kepsek TK Hang Tuah, Tija, S.Sos.

Laporan: Ahmadi Haruna/Redaksi 02

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.