Bupati Buol Serahkan 2 Unit Bantuan Kapal Motor Viber Wisata Senilai 1, 9 Miliar

Topikterkini.com. Buol – Bupati Buol dr. H. Amirudin Rauf, Sp.Og, M.Si, menghadiri sekaligus Mengresmikan Penggunaan Kapal Motor Viber Wisata Pemerintah Daerah Kabupaten Buol, bertempat di Galangan Kapal Kelurahan Kumaligon Kec. Biau. Kamis, 13 Januari 2022. Pukul 08.00 Wita

 

Kadis Perhubungan Kab. Buol Moh. Yamin Rahim dalam laporanya menyebutkan bahwa Sumber dana dari Kegiatan ini berasal dari dana Alokasi Khusus tahun 2021 yang menghabiskan anggaran sebesar kurang lebih Rp. 1.9 Milyar. Kapal ini sebagai kapal Pengawasan dan Untuk wisata. Untuk sementara kapal ini setelah diterima masih dalam pengawasan Dinas Perhubungan Kabupaten Buol yang selanjutnya akan dikelolah oleh Bumdes.

 

” Akan tetapi jika Bumdes yang nantinya akan mengelolah perlu kesiapan karena disamping biaya operasional yang tinggi juga setiap Kapal harus ada nakoda, ABK 2 orang untuk dapat mengoperasionalkanya “. Tuturnya .

 

Bupati Buol dalam sambutannya menyebutkan bahwa suatu kesyukuran bagi kita semua bahwa Kabupaten kita sudah memiliki Kapal Wisata, pengadaan 2 (dua) unit kapal ini nantinya akan di peruntukan kepada Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes sebagai alat transportasi antar pulau maupun terkait wisata bagi tamu tamu daerah.

 

” Namun tentunya saat ini kita harus bisa melihat skala kebutuhan awal bagi kapal ini. Kalau melihat bentuknya dari Viber dan fasiilitas yang ada sangat lengkap maka kapal ini tidak bisa diperlakukan sembarangan untuk dapat menjaga kelayakan penggunaanya “. Ujar Bupati

 

” Jadi kita akan lakukan evaluasi pengelolaanya, dimana biaya operasionalnya cukup tinggi seperti yang saya jelaskan tadi, sehingga membutuhkan Bumdes dan peran Desa yang dapat untuk mengelolanya,” ungkapnya.

 

” Selain sesuai fungsinya Kapal ini akan kita gunakan sebagai alat transportasi antar pulau bagi masyarakat yang ada dipesisir termasuk kelancaran program pemerintah. Namun untuk sementara kapal ini akan di tangani oleh Pemerintah Kabupaten Buol sembari menunggu evaluasi tehnis Bumdes mana yang siap terkait pengelolaanya “. Tutupnya

 

Untuk di ketahui bahwa dua unit kapal laut tersebut masing-masing berkapasitas di bawah 7 Gross tonnage itu di lengkapi dua mesin tempel merek Yamaha masing-masing 85 PK setiap satu unit mesin di lengkapi dengan fasilitas komunikasi dan alat penyelamat.

 

Selanjutnya setelah dilaksanakan kegiatan penandatangana Berita Acara serah terima dari Pihak penyedia kepada Dinas Perhubungan Kab. Buol diketahui Bupati Buol, acara dilanjutkan dengan Test Drive penggunaan Kapal dengan Rute rombongan Bupati dan Wakil Bupati menuju ke Pelabuhan Kelurahan Leok I. Proses perjalanan berjalan aman dan terkendali bahkan Kemudi Kapal juga dijalankan oleh Bupati dan Wakil Bupati.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Buol H. Abdullah Batalipu, S.Sos. M.Si, Sekretaris Daerah Drs. H. Mohammadi Suprizal Jusuf, MM. Pihak ketiga pelaksanaan pengadaan, serta seluruh Pimpinan OPD.

(Sumber : Prokopim Buol)

 

Laporan : Husni Sese

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *