oleh

Koalisi mengatakan lebih dari 360 Houthi tewas dalam serangan di Marib, Al-Bayda

TOPIKTERKINI.COM – RIYADH: Lebih dari 360 Houthi tewas dalam berbagai operasi di Yaman, kata Koalisi Pemulihan Legitimasi di Yaman, Kamis.

Di provinsi Marib yang kaya minyak, lebih dari 220 pejuang Houthi tewas dan 18 kendaraan militer hancur dalam operasi selama 24 jam terakhir.

Koalisi juga melakukan serangan di provinsi Al-Bayda yang mengakibatkan kematian lebih dari 120 Houthi dan penghancuran 13 kendaraan militer.

Pada hari Rabu, utusan PBB untuk Yaman menyatakan keprihatinannya atas militerisasi pelabuhan-pelabuhan oleh milisi Houthi di Hodeidah.

“Tuduhan militerisasi pelabuhan Hodeidah mengkhawatirkan dan ancaman menyerang mereka sama-sama mengganggu mengingat pelabuhan ini adalah jalur kehidupan bagi banyak orang Yaman,” kata Hans Grundberg pada pertemuan Dewan Keamanan PBB.

Beberapa anggota dewan mengutuk penyitaan kapal Rwabee berbendera UEA oleh Houthi selama pertemuan dan perwakilan tetap UEA untuk PBB menyebutnya sebagai “eskalasi berbahaya.”

“Kami mengutuk, dalam istilah yang paling keras, tindakan pembajakan Houthi terhadap kapal kargo sipil Rwabee di lepas pelabuhan Hodeidah,” kata Lana Nusseibeh.

“Ini adalah eskalasi berbahaya terhadap keselamatan navigasi maritim di Laut Merah. Itu membutuhkan adopsi posisi tegas oleh Dewan Keamanan,” tambahnya. – AN

Editor: Erank

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed