oleh

Buka Musrembang RKPD Tahun 2023, Ini Penegasan Bupati Jeneponto

Topikterkini.com-Jeneponto| Bupati Iksan Iskandar buka Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023 di Ruang Pola Panrannuanta Kantor Bupati, Senin (28/3/2022).

Kegiatan Musrenbang ini dihadiri Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. H. Ashari Fakhsirie Radjamilo, M. Si mewakili Gubernur Sulawesi Selatan dan H. Mulyadi Mustamu Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Dapil III.

Selain itu turut hadir Ketua DPRD H. Arifuddin dan beberapa anggota DPRD Jeneponto, Dandim Gustiawan Ferdianto, Kapolres Yudha Kesit, Kajari Susanto Ghani, Kepala Dinas, Camat dan Kepala Desa se-Kebupaten Jeneponto.

Untuk diketahui, prioritas pembangunan lewat Musrembang tingkat Kabupaten Jeneponto menjadi atensi Bupati Iksan Iskandar.

Dikesempatan itu, Bupati Jeneponto, H. Iksan Iskandar menegaskan, bahwa Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) mempunyai kedudukan, peran dan fungsi yang sangat strategis dalam pembangunan daerah yang diselesaikan melalui pendekatan tematik, holistik, integratif dan spasial.

Secara substansi memuat arah kebijakan ekonomi dan keuangan daerah, rencana program, kegiatan, sub kegiatan, indikator kinerja, dan kerangka pendanaan yang wajib dilaksanakan dalam 1 (satu) tahun.

Secara normatif menjadi dasar penyusunan kebijakan umum APBD (KUA) dan PPAS yang akan diusulkan oleh kepala daerah untuk dibahas dan sepakati bersama dengan DPRD sebagai landasan penyusunan RAPBD

selanjutnya secara operasional, memuat arahan untuk peningkatan kinerja pemerintahan dibidang pembangunan, pelayanan, pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan daerah

“Alhamdulillah Musrenbang kali ini mengangkat tema yang sangat baik dan dilaksanakan setelah melalui serangkaian hasil Musrembang Kecamatan dengan agenda penajaman prioritas disemua level diharapkan dapat bersinergi untuk optimis bangkit dari situasi pandemi ini, termasuk optimisme dalam pemulihan ekonomi lokal yang berimplikasi pada pemulihan ekonomi nasional, melalui aktivitas-aktivitas ekonomi produktif, pemberdayaan, dan penguatan sosial serta menjaga kondusivitas wilayah,” tegasnya.

Menurutnya, Musrenbang kali ini dimaksudkan sebagai bagian dari upaya untuk mempercepat pemulihan ekonomi.

Dengan begitu Bupati dua periode itu berharap agar substansi RKPD tahun 2023 yang meliputi prioritas pembangunan daerah, arah kebijakan, tujuan, sasaran serta program kegiatan, harus didesaing secara harmonis dengan mengacu pada kerangka pembangunan nasional dan regional.

”Perencanaan kita haruslah memiliki daya ungkit dalam pencapaian tujuan pembangunan daerah, khususnya dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi, salah satu pendekatan yang harus ditempuh adalah melakukan perencanaan dan penganggaran yang berbasis pada prioritas atau money follow program dengan prinsip efektif, efesien serta ekonomis,” harapnya.

Laporan: Andi. Baso Pangerang WMG
Editor : Nasir Erank

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.