oleh

Pentas Seni Islami di Bulan Budaya dan Buka Puasa Bersama SD Negeri Borong

Topikterkini.com-Makassar: April sebagai Bulan Kebudayaan, benar-benar dimanfaatkan oleh SD Negeri Borong, Kecamatan Manggala, Kota Makassar.

Guru-guru melakukan pembinaan langsung ke murid-muridnya, dan mempersiapkan mereka tampil, di hadapan banyak orang.

Hasil pembinaan guru-guru itu terlihat dalam kegiatan “Pentas Seni dan Keterampilan di Bulan Budaya, serta Buka Puasa Bersama”, Jumat (22/04/2022).

Pentas Seni Islami di Bulan Budaya dan Buka Puasa Bersama SD Negeri BorongAnak-anak tampil membawakan lagu-lagu bernuansa Islam, sesuai tema acara dan suasana Ramadan.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran, Surah Annaba, yang dibawakan secara bersambung oleh Annisa Alya dan Muh Adnan, keduanya murid kelas 3. Setelah itu, Andi Etty Cahyani, S.Pd, yang jadi MC, mulai memanggil setiap kelas yang akan tampil.

Penampil pertama adalah murid-murid kelas 2, yang menyanyikan lagu Maulana dan Sepohon Kayu. Kelompok nasyid cilik ini terdiri dari Citra, Icha, Firzanah, dan Aisyah. Mereka dilatih oleh Rosmiaty, S.Pd.I, guru Pendidikan Agama Islam (PAI).

Tampil pula murid-murid kelas 4, yang membawakan lagu Profil Pelajar Pancasila dan lagu 25 Nabi, sebagai cara mengajarkan nama-nama Nabi dan Rasul kepada anak-anak. Murid-murid kelas 6 juga unjuk kebolehan, membawakan lagu Raqqota Aina dan Salawat Nabi.

Seolah tak mau kalah, murid-murid kelas 1 juga tampil dengan lagu nasyid. Wali kelasnya, Neny Wahyuni Wahab, S.Pd terlihat memberi arahan agar anak-anak didiknya itu tampil baik. Meski baru berlatih beberapa hari, anak-anak kelas 1 itu tampil sukses dan menghibur.

Para penampil memang tampak antusias. Begitupun dengan penonton, yang diminta mengangkat sendiri bangkunya ke halaman sekolah, yang sempat diguyur hujan. Mereka duduk menghadap panggung pertunjukan, memberi semangat kepada teman-temannya. Di antara penonton juga ada guru-guru dan sejumlah orang tua siswa.

Anak-anak perempuan terlihat anggun dalam balutan busana muslimah, yang padu padan. Sedangkan, anak laki-laki berkopiah dan berbaju koko. Sesekali mereka ikut bernyanyi, menggoyangkan kepala dan tangan, bila lagu-lagu yang dibawakan akrab oleh mereka.

Acara “Pentas Seni dan Keterampilan di Bulan Budaya, serta Buka Puasa Bersama” ini, juga dihadiri oleh Ketua Komite SD Kompleks Borong, Drs H Marzuki, dan orangtua yang tergabung dalam Bunda Pustaka.

Kepala UPT SPF SD Negeri Borong, Dra Hj Hendriati Sabir, M.Pd, memang mengharapkan agar Bulan Kebudayaan selama April ini, diisi dengan kegiatan seni budaya. Tahun ini, spiritnya disesuaikan dengan tema menjadikan Makassar sebagai kota metaverse.

Laporan: Rachim Kallo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed