oleh

Diduga Pungli, Kades Sayambongin SP 2 Kepala Dusun II

Topikterkini.com.Banggai – Kepala Desa Sayambongin, Kecamatan Nambo Alamsyah DJ Lapi keluarkan surat teguran kedua terhadap Kepala Dusun II Jarwadi Tendong yang diduga nekat melakukan praktek pungutan liar (pungli) dan penyimpangan dalam proses administrasi pembuatan surat jual beli tanah di Desa Sayambongin.

Hal tersebut disampaikan Kades Sayambongin Alamsyah DJ Lapi, ketika dikonfirmasi terkait salah seorang kepala dusun Desa Sayambongin yang diduga diduga nekat melakukan praktek pungutan liar (pungli) dan penyimpangan dalam proses administrasi pembuatan surat jual beli tanah di Desa Sayambongin. Kamis (29/04/2022).

“Saya telah melayangkan surat teguran ke dua kepada Kadus II, dan saya berharap agar yang bersangkutan menyadari perbuatannya dan tidak mengulanginya lagi” ujarnya.

Kades Alamsyah DJ Lapi juga mengaku kecewa dengan ulah bawahannya itu. Harusnya hal tersebut tidak pantas dilakukan oleh seorang aparatur desa yang notabenenya adalah seorang pelayanan masyarakat.

“Apapun dalilnya, dia adalah seorang aparatur desa yang notabenenya pelayan masyarakat, dan dimana pun ia berada status perangkat desa itu melekat pada pribadinya. Jadi kalau alasannya “Saya Jual Jasa” Itu sangat keliru,” kata Alamsyah.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Banggai Amin Jumail, yang dimintai tanggapannya mengenai ulah aparat Desa Sayambongin, Kecamatan Nambo tersebut, mengatakan, bahwa aparat desa tidak dibenarkan memunggut biaya kepada masyarakat dalam pengurusan surat-surat tanah.

“Untuk biaya pembuatan surat jual beli tanah di desa tidak bisa memungut kepada masyarakat. Nanti saya panggil kadesnya dulu untuk tanyakan hal menyangkut masalah fungli tersebut,” ujar Kadis DPMD Kabupaten Banggai, Amin Jumail.

Terpisah, Camat Nambo, Muh Zakar H. Kadir yang juga dimintai tanggapannya mengenai ulah oknum aparat Desa Sayambongin itu, mengatakan, apa yang dilakukan oleh oknum aparat Desa justru sangat meresahkan masyarakat.

“Akan segera saya undang Kadesnya, biar jelas pokok permasalahannya,” kata Camat Nambo, Muh Zakar.

(Afri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.