oleh

Dandim Salurkan Zakat Fitrah Keluarga Besar Kodim 1426/Takalar

TAKALAR, TOPIKterkini.com — Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah 2022 Masehi, keluarga besar Kodim 1426/Takalar melaksanakan pembayaran zakat fitrah.

Secara simbolis, Komandan Kodim 1426/Takalar, Letkol Czi Catur Witanto, S.I.P, M.Si.,M.Tr (Han)  menyalurkan zakat fitrah keluarga besar Kodim 1426/Takalar kepada
Mustahik atau orang yang berhak menerima zakat di masjid Al Arash Kodim 1426/Takalar, Jumat (29/04/2022)

Dalam kegiatan tersebut Dandim menyampaikan menjelang hari raya Idul Fitri atau Lebaran umat muslim diwajibkan untuk membayar zakat fitrah. Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang harus ditunaikan bagi setiap muslim.

“Kewajiban membayar zakat fitrah tak hanya bagi orang dewasa, zakat fitrah diwajibkan bagi segala usia, termasuk bayi yang baru dilahirkan sebelum hari Raya Idul Fitri. Tujuannya adalah sebagai pensuci bagi orang yang berpuasa dari hal-hal yang menodai puasa,” kata Dandim.

Lebih lanjut, Dandim mengatakan seperti tahun-tahun sebelumnya, seluruh personel Kodim 1426/Takalar beserta keluarga melakukan pembayaran zakat fitrah diberikan kepada panitia zakat fitrah yang telah dibentuk untuk kemudian disalurkan kepada warga yang berhak menerima.

Dalam penyaluran zakat fitrah tersebut dikemas dalam bentuk beras dan uang tunai dengan melibatkan Koramil jajaran untuk selanjutnya secara langsung diserahkan ke rumah masing-masing para penerima zakat fitrah.

“Sebelum disalurkan, didahului dengan pendataan yang dilakukan oleh Babinsa di wilayah binaanya yang bertujuan agar zakat fitrah dapat tersalurkan merata dan tepat sasaran,” ungkap Dandim.

“Semoga dengan kita mengeluarkan zakat fitrah dapat mensucikan diri setelah menunaikan ibadah berpuasa di bulan ramadhan dan siap menyambut hari raya idul Fitri serta semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat yang berhak menerima,” tutup Dandim. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed