oleh

Gelar Halal Bi Halal dan Festival Ketupat, Pemda Banggai Sajikan 26 Ribu Ketupat

Topikterkini.com.Banggai – Dua artis ibu kota dan Da’i kondang Indonesia turut memeriahkan acara Halal Bi Hala 1443 H dan Festival ketupat yang digelar Pemerintah Kabupaten Banggai di pelataran Mesjid Agung An-nur Luwuk, Kelurahan Luwuk, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai. Sabtu (14/5/2022).

Selain menjadi ajang silaturahmi masyarakat dan pemerintah setempat, acara yang dalam bentuk Open House ini juga menghadirkan 26 ribu ketupat dan berbagai masakan khas daerah yang disajikan oleh 83 kelompok.

Masing-masing kelompok atau stand dikelola oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Lembaga vertikal, Lembaga pendidikan, perwakilan setiap kecamatan, BUMN dan perusahaan swasta serta organisasi masyarakat.

Kegiatan yang dimulai pukul 12.30 Wita bertema “Merajut Ukhuwa Dalam Kemenangan” dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Banggai, Ir. H. Furqanudin.

Sebelum acara dilanjutkan, Bupati dan Wakil Bupati bersama unsur Forkopimda lainnya mengunjungi stand guna mencicipi hidang yang tersedia.

Sambil menikmati hidangan, panitia mengumumkan para pemenang lomba pawai obor yang dilaksanakan pada malam Takbir Idu Fitri 1443 H. Jumat (1/5/22).

Dinas Pemuda dan Olahraga Banggai meraih juara pertama pada kategori OPD dan instansi, SMP Negeri 3 Luwuk menjadi pemenang pada kategori sekolah, sedangkan untuk kategori organisasi dijuarai oleh Komunitas Tekupak. Hadiah bagi para jawara, secara bergantian diserahkan oleh Unsur Forkopimda Kabupaten Banggai yang hadir.

Sementara di waktu dan tempat yang sama, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Banggai me-launching program bertajuk “One Day No Rice” yang ditandai secara simbolis dengan pelepasan balon oleh Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin.

Menurut keterangan Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Banggai, Alfian Djibran, acara yang mengangkat tema “Merajut Ukhuwah dalam Kemenangan” itu dilaksanakan oleh Pemkab Banggai bekerja sama dengan PHBI dan Dewan Masjid Kabupaten Banggai, serta didukung oleh Kejaksaan Negeri, Kantor perwakilan Kementrian Agama, Polres Banggai, Kodim 1308/LB, Nahdlatul Ulama dan Komunitas Bikers Subuhan.

Bupati Banggai H. Amiruddin dalam sambutannya, mengingat supaya jangan ada lagi dendam, dengki dan iri hati antara sesama masyarakat Kabupaten Banggai.

“Mudah-mudahan setelah Halal bi Halal, yang tadinya ada saling sengketa, dendam dan iri hati dapat terselesaikan, semoga semuanya disini dapat saling memaafkan dan berlapang dada,” jelas Ir. H. Amirudin di akhir pidatonya.

Amatan media ini, kegiatan yang digelar di pelataran Mesjid Agung An-nur Luwuk, selain di hadiri ribuan warga dari berbagai penjuru Kabupaten Banggai, juga dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Anggota DPRD Banggai, Sekretaris Daerah beserta kepala-kepala OPD, Ketua MUI, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, pimpinan-pimpinan organisasi keagamaan, lembaga vertikal, BUMN, BUMD dan perguruan tinggi.

(Afri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.