Hampir 60 juta orang mengungsi di seluruh dunia pada tahun 2021

TOPIKTERKINI.COM – JENEWA: Konflik dan bencana alam memaksa puluhan juta orang mengungsi di negara mereka sendiri tahun lalu, mendorong jumlah pengungsi internal ke rekor tertinggi, kata pemantau Kamis.

Sekitar 59,1 juta orang terdaftar sebagai pengungsi internal di seluruh dunia pada tahun 2021 – rekor sepanjang masa yang diperkirakan akan dipecahkan lagi tahun ini di tengah pengungsian massal di Ukraina yang dilanda perang.

Sekitar 38 juta pengungsi internal baru dilaporkan pada tahun 2021, dengan beberapa orang terpaksa mengungsi beberapa kali sepanjang tahun, menurut laporan bersama oleh Internal Displacement Monitoring Center (IDMC) dan Norwegian Refugee Council (NRC).

Itu menandai jumlah perpindahan internal baru tertinggi kedua dalam satu dekade setelah 2020, yang memecahkan rekor pergerakan karena serangkaian bencana alam.

Tahun lalu, perpindahan internal baru dari konflik melonjak menjadi 14,4 juta – menandai lompatan 50 persen dari 2020 dan lebih dari dua kali lipat sejak 2012, laporan itu menunjukkan. Dan angka perpindahan internal global hanya diperkirakan akan tumbuh tahun ini, terutama didorong oleh perang di Ukraina.

Lebih dari delapan juta orang telah mengungsi di negara yang dilanda perang sejak invasi skala penuh Rusia dimulai pada 24 Februari, di samping lebih dari enam juta yang telah melarikan diri dari Ukraina sebagai pengungsi.

Kepala NRC Jan Egeland setuju, memperingatkan: “Tidak pernah seburuk ini.”

“Dunia sedang runtuh,” katanya kepada wartawan. “Situasi hari ini secara fenomenal lebih buruk daripada yang ditunjukkan oleh angka rekor kami.”

Pada tahun 2021, Afrika sub-Sahara menghitung pergerakan internal paling banyak, dengan lebih dari lima juta perpindahan dilaporkan di Ethiopia saja, ketika negara itu bergulat dengan konflik Tigray yang mengamuk dan meluas serta kekeringan yang menghancurkan.

Itu menandai angka tertinggi yang pernah terdaftar untuk satu negara.

Jumlah pengungsi yang belum pernah terjadi sebelumnya juga tercatat tahun lalu di Republik Demokratik Kongo dan Afghanistan, di mana kembalinya Taliban ke tampuk kekuasaan, bersama dengan kekeringan, membuat banyak orang meninggalkan rumah mereka.

Wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara mencatat jumlah pengungsi baru terendah dalam satu dekade, karena konflik di Suriah, Libya, dan Irak agak berkurang, tetapi jumlah keseluruhan pengungsi di wilayah tersebut tetap tinggi.

Suriah, di mana perang saudara telah berkecamuk selama lebih dari 11 tahun, masih menyumbang jumlah tertinggi di dunia orang yang tinggal di pengungsian internal karena konflik – 6,7 juta – pada akhir tahun 2021.

Terlepas dari peningkatan pengungsi terkait konflik, bencana alam terus menjadi penyebab sebagian besar pengungsian internal baru, mendorong 23,7 juta pergerakan serupa pada tahun 2021.

Sebanyak 94 persen di antaranya disebabkan oleh bencana terkait cuaca dan iklim, seperti angin topan, hujan monsun, banjir, dan kekeringan.

Para ahli mengatakan bahwa perubahan iklim meningkatkan intensitas dan frekuensi kejadian cuaca ekstrem seperti itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *