oleh

Pemkab Banggai Kembali Raih WTP, Ketua DPRD Sebut Momen Yang Sangat Bersejarah

Topikterkini.com.Banggai — Bertempat di Ruang Pers Lantai 1 Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Jalan Prof. Moh. Yamin No. 84 Palu, Jumat, 28 Mei 2022 telah dilaksanakan Penyerahan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Banggai TA 2021, oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah Slamet Riyadi kepada Bupati dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) serta Penandatanganan Dokumen LHP-LKPD Kabupaten Banggai Tahun 2021.

Kepala BPK Perwakilan Sulteng Slamet Riyadi dalam sambutannya menyatakan antara lain menyampaikan pemeriksaan keuangan tidak di maksudkan untuk mengungkapkan adanya penyimpangan dalam laporan keuangan, namun demikian jika sekiranya di temukan adanya penyimpangan, kecurangan atau pelanggaran terhadap ketentuan perundang-undangan khusus yang berdampak adanya potensi Dan indikasi kerugian Negara, maka hal ini harus di ungkapkan dalam laporan hasil pemeriksaanpemeriksaan.

Selanjutnya berdasarkan hasil pemeriksaan laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Banggai Tahun 2021 telah sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan. Untuk itu, BPK memberikan OPINI WTP (Wajar Tanpa Pengecualian), atas laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Banggai Tahun 2021.

“Kami ucapan terima kasih kepada Kepala Daerah dan Pimpinan serta Anggota DPRD Kabupaten Banggai yang telah mendukung upaya BPK dalam menjadi pendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan Negara melalui pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat.

Selanjutnya Sambutan Ketua DPRD Banggai Suprapto antara lain menyampaikan pada hari ini adalah momentum hari yang sangat bersejarah dimana tadi oleh BPK Perwakilan Provinsi Sulteng telah di sampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Banggai Meraih OPINI WTP atas laporan pemeriksaan keuangan.

“Ini adalah suatu hal yang sangat memberikan kebanggaan dan motivasi kepada kita semua khususya kepada kita Pemerintah Kabupaten Banggai untuk tetap bersinergi antara Legislatif dan eksekutif dalam rangka laporan hasil pemeriksaan keuangan agar kedepan atau di tahun-tahun mendatang, kita bisa mendapatkan atau meraih kembali Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” tutur Suprapto.

Bupati Banggai H. Amirudin dalam sambutan menyampaikan Ucapan terima kasih kepada BPK Perwakilan Provinsi Sulteng dan seluruh Tim Auditor yang telah memberikan penilaiannya kepada kami Pemerintah Kabupaten Banggai sehingga meraih Opini WTP. Menurutnya ini adalah Tahun pertama saya menjabat sebagai Bupati Banggai di tengah situasi dan kondisi yang cukup sulit di Tahun 2021.

“Namun demikian, dengan kondisi ini tidak lantas menyurutkan inovasi dan motivasi kami dalam menyajikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Banggai Tahun 2021. Mengapa? Karena sesuai visi misi kami yaitu menciptakan Pemerintahan Kabupaten Banggai yang bersih, transparan dan akuntabel,” ungkapnya.

Dikatakan Amiruddin, Opini WTP ini merupakan hasil kerja keras seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Banggai dengan arahan dari BPK Perwakilan Sulteng. Atas pencapaian ini, saya memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada para pengelola keuangan di Kabupaten Banggai terkhusus kepadaa pihak DPRD Kabupaten Banggai dalam upaya bersama untuk mewujudkan pengelolaan keuangan yang semakin baik, transparan dan akuntabel.

Alhamdulillah kami membuka seluas luasnya kepada seluruh OPD untuk tidak berburuk sangka, tidak ada alasan bagi mereka untuk hal-hal yang harus di tutup-tutupi, baik pemeriksa BPK maupun internal kita bahkan dari media, saya memberikan kesempatan kepada mereka untuk melakukan pertanyaan-pertanyaan kepada semua Pimpinan OPD, dan apa yang menjadi harapan-harapan kita dalam menjalankan Pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel.

“Oleh dan sebab itu inilah yang sangat kita harapkan dan apa yang menjadi catatan khusus yang akan kita rekomendasikan insya Allah dalam waktu dekat semuanya akan kita selesaikan dan ini tetap dan terus kita pertahankan karena Opini WTP ini juga untuk masyarakat Kabupaten Banggai,” tutup Bupati.

Hadir mendampingi, Pimpinan OPD Kepala BappedaLitbang (Ramli Tongko), Inspektur/Inspektorat (Imran Suni), Kepala BPKAD (Marsidin Ribangka), Sekban BPKAD (Ita Tongko), Kabag Perencanaan Dan Keuangan Setda Banggai.

(Afri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.