Membangun Ketahanan Pangan Indonesia di Sektor Pertanian di Era Pandemi Dalam Pandangan Fisiokrat

Membangun Ketahanan Pangan Indonesia di Sektor Pertanian di Era Pandemi Dalam Pandangan Fisiokrat

Oleh: Annisa Rahmawaty
Mahasiswi Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Indonesia merupakan negara yang agraris dengan letak geografis yang strategis dengan demikian hal ini menunjukan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang menghasilkan sumber daya alam yang sangat melimpah. Salah satu sumber daya alam yang berperan penting adalah pada Sektor pertanian mendukung ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Di sisi lain, kesejahteraan para petani memegang peran penting dalam menjaga dan meningkatkan produksi pertanian.Sektor pertanian yang maju dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat  Selain itu sektor pertanian memiliki peran utama yaitu pada Sektor pertanian merupakan kebutuhan pangan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, baik hasil pertanian pangan dan perkebunan,  sayuran dan buah- buahan.

Dengan adanya pandemi COVID-19 dampak  yang paling dirasakan sektor pertania ialah harga produk pertanian yang mengalami penurunan drastis disebabkan daya beli masyarakat yang turun. Hal ini tidak sebanding dengan usaha dan biaya operasional yang dikeluarkan petani saat melakukan budidaya. Selain itu, saat ini pemerintah telahmemberlakukan kebijakan mensosialisasikan dan menerapkan social distancing, physical distancing, work from home (WFH), dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) .

Kebijakan tersebut dirasa sangat menyulitkan petani dalam memasarkan hasil produk budidaya mereka. dengan munculnya  Covid-19 ini menuntut masyarakat untuk meningkatkan imunitas diri dengan pola hidup sehat .Meskipun demikian, kondisi saat ini justru menjadi sebuah dilema bagi sektor pertanian. Walaupun peluang pasar produk pangan tetap terbuka lebar tetapi distribusi hasil pertanian terkendala  karena pembatasan sosial berskala besar(PSBB)dan social distancing.Hal  ini menyebabkan menurunya  permintaan dan menurunnya harga produk pertanian disaat panen raya.

Pemerintah mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2020 hanya sebesar 2,97%. Angka ini menjadi yang terendah sejak 2001. Sektor yang paling rendah pertumbuhannya di kuartal I-2020 adalah sektor pertanian. Sebab sektor tersebut hanya tumbuh 0,02%. Padahal tahun lalu dalam periode yang sama, pencapaian sektor pertanian tumbuh hingga 1,82%.

Hal ini terjadi pada saat diberlakukannya PSBB setelah pemerintah melonggarkan PSBB maka para petani melakukan kesiapan dalam upaya ketahanan pangan pasca pandemi covid-19 Para petani  harus optimis bahwa mereka mampu untuk menyediakan kebutuhan pangan bagi negeri ini.

Pemerintah pun telah menyusun kebijakan dalam menjaga rantai ketahanan pangan nasional. Pertama, Implementasi UU Cipta Kerja untuk terkait penyederhanaan, percepatan, kepastian dalam perizinan, serta persertujan ekspor/impor. Kedua, Digitalisasi UMKM yang merupakan bentuk realisasi dari dua agenda besar Pemerintah saat ini, yaitu agenda Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan Transformasi Digital. Ketiga, sinergi BUMN untuk distribusi hasil pertanian dari sentra produksi ke sentra konsumen. Keempat, penguatan kerja sama antardaerah khususnya dalam pemenuhan pangan.  Kelima, Pembentukan holding BUMN Pangan dalam penguatan Ekosistem Pangan Nasional.

Ada pun  kebijakan yang lainya yang perlu untuk mendukung kesiapan para petani salah satu caranya adalah menjaga kelancaran distribusi bahan pangan. Pemerintah harus menjamin kelancaran distribusi bahan pangan ke seluruh daerah , perlu pemetaan ulang stok-stok komoditas pada masing-masing daerah guna memetakan arah pendistribusian pangan secara nasional.

Pemikiran ekonomi fisiokratis Quesnay, dikenal konsep “tatanan alam” yang merupakan landasan filosofis dari sistem pemikiran ekonomi fisiokratis yang didirikan Quesnay. Fisiokrat adalah suatu paham yang mengutamakan segi pertanian dan kebebasan paham fisiokrat juga berpendapat bahwa sumber dari kekayaan adalah alam,alamlah yang menentukan kehidupan manusia,alam identik dengan tanah semua kekayaan berasal dari tanah maka semua yang berasal dari tanah haruslah dimanfaatkan sebaik-baiknya secara umum kaum fisiokrat memiliki pokok-pokok pikiran yaitu, sumber kemakmuran adalah alam dan kelas yang paling produktif adalah para petani.

Physiocrats membangun teori mereka berdasarkan konsep hukum alam sehingga mereka menamakan dirinya Physiocratism yang berasal dari kata physic, yang artinya alam, cratain atau cratos yang artinya kekuasaan.Kaum physiocrats percaya bahwa sistem perekonomian juga mirip dengan alam yang penuh harmonis tersebut. Dengan demikian setiap tindakan manusia dalam memenuhi kebutuhan masing-masing juga akan selaras dengan kemakmuran masyarakat.

Daftar Pustaka

https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/3044/strategi-pemerintah-mendorong-ketahanan-pangan-dan-kesejahteraan-petani

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/05/05/pertumbuhan-ekonomi-kuartal-i-2020-hanya-naik-297#

https:// www.slideshare.net/CutEndangKurniasih/aliran-fisiokrat-dan-merkantilisme-36558187

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *