oleh

Neoliberal Sebagai Ancaman Bagi Kaum Pekerja / Buruh

Neoliberal Sebagai Ancaman Bagi Kaum Pekerja / Buruh

Oleh: Nur Intan
Mahasiswi Jurusan Ilmu Ekonomi
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Neoliberalisme tersebut merupakan serpihan dari teori kontemporer anti intervensi negara atau pemerintah dalam mekanisme ekonomi. Upah pekerja merupakan suatu contoh dari suatu sistem neoliberalisme. Pemerintah tidak mempunyai hak dalam penentuan upah pekerja maupun suatu permasalahan ketenagakerjaan dikarenakan permasalahan tersebut merupakan urusan dari pengusaha beserta pekerja tersendiri. Dalam praktek neoliberalisme memiliki dua pokok utama. Pertama, negara merupakan arena yang mengharuskan kondisi stabil dalam ekonomi, sosial dan politik. Kedua, negara merupakan arena yang mampu melihat akumulasi keuntungan yang diperoleh dari praktek kebijakan yang berpihak pada neoliberalisme.

Oleh karena itu neoliberalisme segera menggantikan model pembangunan yang telah membawa bencana. Tetapi apakah pengganti pembangunanisme, yakni model ekonomi persaingan bebas neoliberalisme ini merupkan solusi ataukah justru bencana baru bagi rakyat? Inilah pertanyaan dasar yang harus kaum pekerja/buruh melalui serikat pekerjanya untuk menjawab dalam masalah globalisasi.

Meskipun terlambat membahasnya, neoliberalisme saat ini diterapkan menjadi kebijakan politik dan ekonomi negara kita (MEA: AFTA-CAFTA) eksisting 2016, namun kita perlu memahami bagaimana neoliberalisme beroperasi untuk memahami akar dari kemiskinan. Sebagai dominasi eksploitasi, kebijakan yang berwatak neoliberal diyakini bagaikan ideology baru yang diamalkan secara sistemik dan struktural dan massif melalui mekanisme kebijakan dari kebijakan tingkat lokal, kebijakan nasional bahkan hingga tingkat global. Neoliberalisme sebagai suatu ideologi, dalam praktiknya mengambil bentuk penerapan paket kebijakan ekonomi dan politik yang sesungguhnya sudah diterapkan di negeri kita hingga saat ini.

Dampak adanya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) serta nantinya berdampak perselisihan, maka dari itu adanya mekanisme suatu prosedur PHK agar diatur sedemikian rupa yang nantinya pekerja akan mendapatkan perlindungan yang baik serta layak dan nantinya akan memperoleh hak-hak pekerja sesuai dengan Peraturan Undang-Undang yang sudah ditetapkan.

Dampak neoliberalisme kepada para pengusaha atau pemilik modal memiliki hak penuh untuk mengendalikan sistem mekanisme pasar tanpa adanya keamanan dari
pemerintah sehingga mengakibatkan penguasaan kekayaan ataupun material oleh golongan tertentu saja yakni para pemilik modal yang terkuat saat ini. Neoliberalisme mengakibatkan bagi para pemilik modal menjadi yang paling berkuasa untuk mengambil kebijakan serta regulasi pasar.

Sistem Ekonomi Liberal disisi kekuatan merupakan penentu dalam pemenangan paradigma persaingan ekonomi. Kebijakan pemerintah pun mengakibatkan kemiskinan yang berstruktural hanya dipihak elit kecil saja. Adanya kebijakan ekonomi liberal menentukan perampasan ekstrim sumber daya manusia serta pelanggaran Hak Asasi Manusia.

Daftar Pustaka:

https://spn.or.id/neoliberal-sebagai-ancaman-bagi-kaum-pekerja-buruh/

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.