Forum Temu Bisnis, KADIN Sultra Bersama KADIN Jatim Jalin Kerja Sama Pemulihan Ekonomi

TOPIKterkini.com – KENDARI | Sebagai upaya pemulihan ekonomi akibat Pandemi Covid 19, dipandang perlu melakukan peningkatan khususnya kerjasama perdagangan antar pulau antara pemerintah provinsi sulawesi tenggara (Sultra) dengan pemerintah provinsi jawa timur (Jatim).

Program kerja dari KADIN Sultra dan KADIN Jatim melahirkan ide misi dagang yang dibuat dalam satu kegiatan besar dimana Dinas Perindustrian Provinsi Jawa Timur mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan melaksanakan kegiatan misi dagang dalam bentuk forum temu bisnis.

“Forum temu bisnis nantinya akan mempertemukan pelaku usaha asal jawa timur dengan pelaku usaha asal sulawesi tenggara”. Acara ini akan berlangsung pada hari Kamis 23 Juni 2022 jam 08.00 Wita di Hotel Claro Kendari.

Acara ini melibatkan unsur OPD Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Kehutanan, Dinas Peternakan, Dinas Perkebunan, DMPD, DPMPTSP, BUMD, serta organisasi : KADIN, HIPMI, FORKAS, IWAPI, pelaku usaha, BUMD dan dunia Perbankan.

Dalam acara ini akan dilakukan Penandatanganan Nota kesepahaman (MOU) antara Gubernur Jawa Timur dengan Gubernur Sulawesi Tenggara. “Penandatanganan Perjanjian kerjasama antara Dinas Pemerintahan Jawa Timur dengan Dinas Pemerintah Sulawesi Tenggara, KADIN Sultra dengan KADIN Jatim serta IWAPI, HIPMI, FORKAS, dan pemberian santunan kepada yatim piatu, peragaan batik dan tenun khas.

“KADIN SULTRA mengambil peran besar dan penting dalam acara tersebut dengan menghadirkan 18 para pelaku usaha yang bergerak diberbagai bidang seperti penjualan hasil bumi mente, pinang, sagu, kopra, arang batok kelapa, hasil laut/perikanan, daging sapi dan kulit, jasa konstruksi, pertambangan batu/suplit, tambang pasir, retail dan groceries, kpoi, VCO, tenunan dan sebagainya”.

Jauh hari sebelum acara diselenggarakan pihak KADIN Jatim telah membuka ruang kerjasama dengan mengirimkan compony profile perusahaan yang akan bekerja sama

Adapun perusahaan diantaranya yaitu PT. Satriya Abadi Utama (SAU) mencari komoditi Arang Batok kelapa, PT Carma Wira Jatim (CWJ) mencari kulit sapi dan kambing, PT Citra Karya Marga (CKM) utama memasarkan paving blok dan produk beton lainnya, selanjutnya PT. Puspa Group penyedia bahan baku pangan dan perusahaan lainnya.

KADIN SULTRA dibawah kepemimpinan Bapak Anton Timbang (AT) akan mengajak kerjasama untuk membuka investasi-investasi seperti pembangunan rumah pemotongan daging sapi di sultra sampai ketingkat pekejing dan kemasan frozen food atau bahan baku makanan beku.

Selain itu, potensi lain seperti Nikel dan Aspal Buton juga bisa di kerjasamakan Kadin Jatim dan Kadin Sultra akan melakukan Business to Business (B2B).

“Dalam Nota Kesepahaman antara KADIN Provinsi Jatim dan KADIN Provinsi Sultra tertuang bahwa kedua belah pihak akan bekerjasama dalam bidang pengembangan perdagangan antara provinsi serta penyelenggaraan program pendidikan, pelatihan, dan pengembangan sumber
daya manusia. Hal ini kita tetap satukan hati untuk bangkitkan ekonomi sulawesi tenggara”.

Laporan : Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *