Hadiri Haul Guru Tua Dan Reuni Akbar Alumni Madrasah Alkhairaat Luwuk, Bupati Banggai : Saya Akan Menjadi Donatur Tetap

Topikterkini.com.|BANGGAI – Bupati Banggai Ir. H. Amirudin menghadiri kegiatan Haul Guru Tua Al Habib Sayyid Idrus Bin Salim Allah Jufri ke-54 di Pondok Pesantren Alkhairaat Luwuk, (3/7/2022). Kegiatan yang juga dihadiri oleh ratusan alumni karena dirangkaikan dengan Reuni Akbar Alumni Madrasah Alkhairaat Luwuk.

 

Bupati H. Amirudin yang hadir lebih dahulu di lokasi kegiatan bersama undangan lainnya terlihat menyambut kedatangan Ketua Umum PB Al Khairaat Habib Sayyid Ali Bin Muhammad Al Jufri. Kedatangan Ketua Umum PB Al Khairaat ini disambut dengan sholawat Thala’al Badru ‘Alaina.

 

Seperti diketahui, Al Habib Sayyid Idrus Bin Salim Al Jufri merupakan tokoh dan pejuang di Sulawesi Tengah dalam bidang pendidikan agama Islam. Sepanjang hidupnya, ulama yang akrab disapa dengan sebutan Guru Tua ini, dikenal sebagai sebagai sosok yang cinta ilmu, tak hanya untuk diri sendiri, tapi ilmu itu juga ditularkan kepada orang lain. Sebagai salah-satu wujud cinta kepada ilmu, Lembaga Pendidikan Alkhairaat adalah sumbangsih nyata Guru Tua kepada umat Islam, bangsa dan negara. Oleh karena itu, memperingati Haul Guru Tua, adalah acara tahunan yang dilaksanakan untuk memperingati hari wafatnya Habib Sayyid Bin Salim Al Jufri.

 

Bupati Banggai Ir. H. Amirudin diawal sambutannya mengungkapkan rasa syukur ke hadirat Allah SWT atas segala nikmat yang dilimpahkan kepada ummatnya, dimana kegiatan Haul Guru Tua ini, merupakan penghormatan dan bakti anak kepada orang-tua, dalam hal ini bakti seluruh keturunan maupun murid serta simpatisan. Bupati Banggai juga menyampaikan, bahwa telah menandatangani pernyataan untuk mendukung Guru Tua sebagai Pahlawan Nasional.

 

Sebagai lembaga pendidikan tertua di Kabupaten Banggai, perguruan Alkhairaat Luwuk dalam perkembangannya, telah banyak melahirkan lulusan sejak tahun 1978.

 

Untuk mendukung kegiatan dan perkembangan Alkhairaat, Bupati Banggai menyatakan akan menjadi donatur tetap. “Saya akan menyatakan akan menjadi donatur tetap, dengan nilai Rp 10.000.000,- per bulan,” ungkap Bupati Amirudin yang disambut teriakan alhamdulillah dan tepukan riuh dari hadirin.

 

Terkait dengan Reuni Akbar, Bupati Amirudin berharap agar berbagai kegiatan sosial yang telah dan akan dilaksanakan tidak berhenti sampai disini saja. Hal ini nantinya akan bermakna ganda. Selain kegiatan sosial kata Bupati, secara tidak langsung para alumni telah mensosialisasikan pula tentang keberadaan dan kemajuan Madrasah Alkhairaat Luwuk sehingga ke depan, mereka yang saat ini masih menjadi siswa-siswi Madrasah, akan merasa memiliki sekolah sekaligus bangga menjadi alumni sekolah ini.

 

Kegiatan yang dilaksanakan di dalam halaman Masrasah Alkhairaat Luwuk ini, dihadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten Banggai, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banggai, Ketua MUI Kabupaten Banggai, Ketua Komda Alkhairaat Kabupaten Banggai, Ketua WIA Kabupaten Banggai, Forum Komunikasi Umat Beragama Kabupaten Banggai, para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, para Alumni Madrasah Alkhairaat dan undangan lainnya. Hadir juga 3 orang murid langsung dari Guru Tua.

 

Laporan: Afri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *