oleh

BAWASLU Jeneponto Lakukan Koordinasi Dengan KPU Terkait Pengawasan Verifikasi Parpol Peserta Pemilu Tahun 2024

TOPIKTERKINI.COM – JENEPONTO: Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Jeneponto Melakukan Kunjungan Koordinasi Dengan KPU Kabupaten Jeneponto Terkait Pengawasan Verifikasi Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2024, yang bertempat di Ruang Panrannuangta KPU Kabupaten Jeneponto, Kamis (11 Agustus 2022).

BAWASLU Jeneponto Lakukan Koordinasi Dengan KPU Terkait Pengawasan Verifikasi Parpol Peserta Pemilu Tahun 2024Dalam rapat tersebut Ketua Bawaslu Kabupaten Jeneponto Saiful, S.H.,M.H, menyampaikan bahwa tujuan kunjungan koordinasi Bawaslu Jeneponto hari adalah ingin mendengar langsung bagaimana persiapan KPU Jeneponto dan beberapa hal lain sebelum dilaksanakan pengawasan tahapan verifikasi calon peserta pemilu oleh Bawaslu Jeneponto, dengan harapan penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Jeneponto dapat berjalan dengan lancar, tertib, dan sesuai peraturan perundang-undangan.

“tahapan verifikasi admintrasi dan verifikasi faktual partai politik pemilu 2024 yang akan dilaksanakan pekan depan saya kira tahapan ini sebagai momentum bagi penyelenggara Pemilu (KPU dan Bawaslu Jeneponto) untuk membangun dan mendapatkan kepercayaan (trust) baik dari partai politik maupun publik sehingga ditahapan ini kita harus memperlihatkan kinerja yang baik, dan paling tidak lebih awal harus terbangun sinergi antara KPU dan Bawaslu. Oleh karena itu, kunjungan Bawaslu Jeneponto hari ke KPU Kabupaten Jeneponto untuk memastikan sejauh mana kesiapan KPU Jeneponto terutama dalam melakukan verifikasi administrasi partai politik, adanya kesamaan persepsi atas beberapa isu krusial pada tahapan verifikasi partai politik oleh KPU maupun personil pengawasan Bawaslu pada tahapan ini yang akan ditugaskan di KPU Jeneponto”, kata Saiful.

Sementara itu Ketua KPU Jeneponto Muhammad Alwi menyambut baik kunjungan Bawaslu Jeneponto di Kantor KPU Jeneponto, saya kira apa yang dilakukan Bawaslu dan KPU hari ini sebagai upaya untuk menwujudkan pemilu yang aman, damai, dan nyaman di Kabupaten Jeneponto.

“Beberapa persiapan telah dilakukan oleh KPU Jeneponto, antara lain kami sudah melakukan pembentukan Tim Help Desk di KPU Jeneponto yang tugasnya melakukan verifikasi bentuk-bentuk aduan, laporan maupun konsultasi yang disampaikan oleh partai politik maupun masyarakat, kami juga sudah membentuk tim verifikasi administrasi yang akan bertugas sampai tahapan verifikasi partai politik selesai”, ucap Muhammad Alwi.

BAWASLU Jeneponto Lakukan Koordinasi Dengan KPU Terkait Pengawasan Verifikasi Parpol Peserta Pemilu Tahun 2024Kemudian Anggota Bawaslu Jeneponto Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Antar Lembaga dan Hubungan Masyarakat, Hamka, S.Pdi, menyampaikan bahwa kami berharap KPU Kabupaten Jeneponto sebagai penyelenggara pemilu dapat bersama-sama mengedukasi Peserta Pemilu pada tahapan verifikasi administrasi dan faktual partai politik peserta pemilu terkait sistem yang digunakan dalam tiap tahapan pemilu sesuai dengan aturan yang berlaku.

“perlakuan terhadap peserta pemilu harus disikapi dengan bijaksana oleh KPU, sehingga hak dari peserta pemilu dapat terpenuhi dan meminimalisir potensi terjadinya pelanggaran”, ucap Hamka.
Dikesempatan yang sama Koordinator Divisi SDM, Organisasi Data dan Informasi menyampaikan bahwa, rapat koordinasi ini di perlukan dalam rangka menyamakan persepsi dan pemahaman terkait regulasi yang ada sekaitan dengan pendaftaran dan verifikasi partai politik peserta pemilu 2024.

“pembahasan pada kegiatan ini berkaitan dengan teknis dan prosedur verifikasi partai politik peserta pemilu sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang berlaku”, tutup Sampara Halik.
Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua dan Anggota Bawaslu Jeneponto, Ketua dan Anggota KPU Jeneponto, Koordinator Sekretariat Bawaslu Jeneponto, Sekretaris KPU dan Pejabat Struktural KPU Jeneponto, serta Staf Sekretariat Bawaslu Jeneponto.

Laporan: Erank

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.