oleh

Bupati Agam Laksanakan Kegiatan Napak Tilas Skala Nasional, Bukti Agam Miliki Jejak Sejarah Bung Hatta.

Topikterkini.com_Agam
Bupati Agam Sumatera Barat, Dr H Andri Warman MM bersama Prof Dr Meutia Hatta dan Dr Gemala Rabi’ah Hatta, anak dari Proklamator Bung Hatta, melepas rombongan Napak Tilas di halaman Istana Bung Hatta di Bukittinggi, Sabtu (13/8/2022)

Napak tilas ini dalam rangka memperingati 120 Tahun kelahiran sang Proklamator dan kegiatan ini terdiri dari 2 etape yakni Kota Bukittinggi dan Pesanggrahahan Bung Hatta di Batu Palano, Agam. Peserta terdiri dari pelari, komunitas pecinta alam, mahasiswa, maupun siswa dan kalangan umum.

Pada kesempatan itu, Bupati Agam Andri Warman mengatakan, kegiatan ini berskala nasional sekaligus membuktikan jika di Kabupaten Agam terdapat jejak sejarah Bung Hatta.

“Kegiatan ini menjadi sejarah bagi kita, tentu hal ini menjadi hal yang sangat baik dan kita syukuri,” jelas Bupati Agam.

Selain kegiatan napak tilas, khusus untuk Pesanggrahan Bung Hatta di Batu Palano, Andri Warman berencana menjadikannya sebagai situs sejarah dan merenovasinya.

“Saya sangat bangga pada Bung Hatta, beliau sang proklamator sekaligus tokoh nasional yang mesti kita teladani,” tukuk Bupati.

Sementara itu, salah satu anak Bung Hatta, Meutia Farida Hatta sangat mengapresiasi kegiatan napak tilas yang dilaksanakan dan didukung oleh masyarakat dan Pemkab Agam.

“Kami sangat berterimakasih dan mengapresiasi kegiatan ini sebab 120 tahun kelahiran Bung Hatta masih diperingati oleh berbagai kalangan khususnya di Kabupaten Agam.” tuturnya lagi dengan nada terharu.

Disamping itu, beliau juga menceritakan sejarah perjuangan saat perjalanan Bung Hatta yang penuh hambatan dan berbagai rintangan dimulai dari Pulau Jawa menuju Sumatera Barat, Sumatera Utara hingga singgah ke Aceh guna menghindar dari sergapan penjajah saat itu. (ANTO)”

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.