Gabungan Satpol PP Lotim, Camat Labuan Haji Tak Tangung Tutup Galian C Ilegal

 

 

Topikterkini.com.Lombok Timur — Sangat luar biasa dan pemberani patut di contohi salah satu camat di Lombok Timur tidak tanggung -tanggung menutup salah satu galian C Ilegal.

Karena adanya informasi dari masyarakat terkait dengan pencemaran lingkungan Buk camat di dampingi oleh anggota Polsek labuan haji,Koramil, DLHK, Kesbangpoldagri dan Satpol PP Lotim turun langsung menutup Galian C di wilayah Kelurahan Gres Kecamatan labuan haji Lombok Timur.

Dampak dari Galian c tersebut dianggap merusak kejernihan air kali yang di gunakan masyarakat untuk pertanian di wilayah kelurahan gres dan kelurahan suryawangi tidak hanya itu saja keluar masuknya Dum truk pengangkut material menyebabkan debu berkeliaran di sekitar permukiman warga dan menyebabkan jalan raya rusak sehingga tambang galian C tanpa mengantongi izin tersebut di pasangkan plang penutupan.

Camat Labuan Haji Baiq Lian Krisnayutarti mengatakan, berdasarkan informasi dari masyarakat terkait adanya pencemaran lingkungan di sebabkan oleh adanya Galian C, kami langsung turun menulusuri aliran sungai tersebut dimana asal mulanya menyebabkan keruhnya air sungai, ucap, Baiq ,Lian,Senin, 21/11/2022.

” Setelah kami melakukan penelusuran kami menemukan titik tersebut dari anggota Polsek labuan haji,Koramil, DLHK, Kesbangpoldagri dan Satpol PP Lotim terjun ke lokasi tambang Galian C dan menemui pemilik untuk di konfirmasi terkait dengan galian C miliknya,” Katanya.

” Timbul dari tempat galian C menyebabkan beberapa dampak yang sangat menggangu,” Tandasnya.

Di waktu yang sama Kepala Bidang Penegakan Perda dan Perundangan Undangan Satpol PP Lotim Surianto mengatakan, Tambang galian C ini sebelum nya kami sudah melakukan pemantauan, Kata, Surianto.

” Langkah peneguran sudah kita lakukan, memanggil dan membuat surat peryataan untuk menghentikan aktivitas namun tidak di indahkan ,” Ucap, Surianto.

” Apa yang kami lakukan sebelum nya tidak di indahkan sehingga kami melakukan pemasangan Plang untuk tidak beraktivitas lagi ( Galian C di Tutup). Terkait dengan alat berat tidak di sita,” Tegas, Surianto.

” Izin Galian tidak ada,” Jelasnya.

Dirinya juga mengatakan, Dampak dari Galian C ini menyebabkan, timbul nya debu yang menganggu masyarakat, keluar masuk Dum truk pengangkut material mengakibatkan jalan rusak dan menyebabkan keruhnya air aliran sungai yang di manfaatkan oleh masyarakat untuk pertanian.

Ia menghimbau kepada masyarakat yang ingin melakukan atau membuka tambang galian C agar melengkapi izin dan dokomenya.

 

Liputan; RiL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *