Anggota Polsek Sakra Bersama DLHK Lotim Bergerak Cepat Evakuasi Pohon Tumbang

Topikterkini.com Lombok Timur NTB— Tingginya intensitas curah hujan yang terjadi di Kabupaten Lombok Timur akhir-akhir ini menyebabkan beberapa pepohonan dipinggir jalan raya tumbang Kamis 24/11.

Kapolsek Sakra IPTU Rahmadi SH yang menerima laporan dari warga adanya pohon tumbang di jalan raya Rumbuk menuju Sakra, Ia langsung memerintahkan anggotanya bergerak cepat menuju lokasi untuk melakukan evakuasi pohon tumbang agar arus lalu-lintas berjalan lancar.

“Adanya informasi dari masyarakat, kami langsung bergerak ke lokasi dengan membawa peralatan yang ada,” Ucapnya.

“Bersama masyarakat sekitar, DLHK Lotim dan anggota Koramil Sakra saling bahu-membahu membersihkan ranting kayu yang sudah di potong,” ucap mantan Kapolsek Suela.

Pantauan topikrerkini.com di lokasi akibat pohon tumbang yang melintang di badan jalan raya Rumbuk menuju Sakra tepatnya di depan sebuah toko bangunan, mengakibatkan terjadi kemacetan kendaraan namun berhasil di urai oleh jajaran Polsek Sakra, Masyarakat, DLHK dan Koramil Skara yang sudah berada di lokasi. Pohon jenis trembesi berdiameter 70 centi meter dengan panjang kurang lebih 15 meter tumbang setelah dihempas hujan deras selama tiga jam sejak siang hingga sore.

Selanjutnya selang beberapa menit kemudian Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Lombok Timur dr. H. Hasbi Santoso turun langsung bersama stafnya dengan membawa sejumlah peralatan kebersihan. Menurut data dari DLHK Lombok Timur jumlah populasi pohon yang menaungi jalan raya besar di sejumlah lokasi di Lombok Timur sebanyak 1760 pohon, kemudian yang sudah di-identifikasi ada 700 pohon beresiko sedang, 200 pohon beresiko tinggi dan 70 pohon sudah tertangani.

“Ada sekitar 200 pohon beresiko tinggi dan baru 70 pohon sudah tertangani,” jelasnya.

Dikatakannya DLHK Lotim sudah membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) bersama pihak terkait seperti BPBD Lotim, Damkar Lotim, Polsek dan Danramil Se-kabupaten Lombok Timur dan hari ini Kamis 24 November dilaporkan ada dua pohon besar tumbang di kabupaten Lombok Timur, pertama terjadi di jalan raya Desa Gereneng Kecamatan Sakra Timur dan di jalan raya Rumbuk menuju Sakra.

“Kami sudah membetuk TRC dengan pihak terkait apabila ada laporan masyarakat jadi cepat ditangani,” tutupnya.

Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat yang berada di wilayah Kecamatan Sakra atau para pengguna jalan untuk tetap berhati-hati saat mengendarai Sepeda Motor dalam kondisi hujan lebat demi keselamatan berkendara dan ketika mengetahui adanya pohon tumbang di ruas jalan raya yang dapat mengganggu kenyamanan berlalu-lintas, masyarakat diminta segera menghubungi pihak terkait.

Liputan: Burhanudin Febrians

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *