Kolaborasi Dispusaka Kabupaten Tolitoli Dan Igi, Untuk Tercapainya Masyarakat Sejahtra. 

Topikterkini.Com.Tolitoli – Bertempat di ruang Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kab. Tolitoli (DISPUSAKA). Senin, (16/01/2023). Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kab.Tolitoli mengadakan kunjungan kerja untuk kedua kalinya guna berkoordinasi dalam upaya mewujudkan Masyarakat Sejahtera Melalui Literasi Terapan. Kepala Dispusaka Kab. Tolitoli Rudy Bantilan, S.Sos.,M.Si menyambut dengan penuh semangat dan antusias atas kunjungan tersebut.
Setelah berdiskusi terkait program tersebut kini dan akan datang. Sebagai bukti keseriusan nantinya, Dispusaka dan IGI akan mengikat kerja sama ke dalam MOU sebagai bukti dan komitmen keduanya dalam menjalanankan program-peogram kedepan nya. Adapun muatan dalam MOU tersebut berupa kerja sama dalam Bimtek, pembinaan perpustakaan di Kecamatan dan Desa, serta evaluasi keberhasilan program.
Sekretaris Dispusaka Dahri D. min’un SE. menyampaikan, kedepannya program Perpustakaan dan IGI memang memiliki tujuan yang sama kepada masyarakat, sehingga perlu untuk berkolaborasi dalam hal ini.
Menurutnya, tujuan MOU ini dibentuk guna melakukan pembinaan terhadap perpustakaan ditingkat desa maupun sekolah maupun legalitas perpustakaan desa dan sekolah, guna optimalnya pelayanan internal dan eksternal sekolah, begitupun perpustakaan Desa dibawah naungan Dinas Perpustakaan dan Arsip.
Kedepannya, Dispusaka Kab.Tolitoli dengan taman literasinya memberikan kesempatan atau ruang seluas luasnya kepada IGI khususnya dan masyaraka pada umumnya untuk menampilkan kreasi dalam rangka pengembangan pendidikan berbasis budaya bagi pelajar dan mahasiswa tak lupa pula untuk seluruh masyarakat secara umum. “Juga tidak kalah pentingnya melalui taman literasi kita akan menerapkan literasi terapan di bidang  ekonomi kerakyatan. Selain itu optimalisasi layanan perpustakaan berbasis IT baik dalam bidang arsip maupun kegiatan lain akan turut ditingkatkan guna menunjang tujuan tersebut” Ungkap Kadis Rudy.
Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS), merupakan agenda utama Dinas Perpustakaan dan Arsip Kab. Tolitoli. sebagai bentuk implementasi, sudah ada beberapa desa yang menerapkan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, tentu kedepannya kegiatan-kegiatan pembinaan dan edukasi akan terus dimasifkan sehingga dapat membantu taraf hidup masyarakat dengan memanfaatkan potensi Sumber Daya yang ada di Desa demi tercapainya masyarakat sejahtera. “Tutup kadis Rudy”.
Laporan : Andi Iswana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *