BALANGAN Coal Kirim 16 Pemuda Ke BLK Provinsi Kalimantan Selatan

TOPIKTERKINI.COM|BALANGAN

KABUPATEN BALANGAN – Sebanyak 16 pemuda yang berasal dari desa ring 1 Balangan Coal Companies mendapatkan kesempatan emas untuk mengikuti pelatihan keterampilan mekanik mobil diesel di Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Kalimantan Selatan di kota Banjarbaru.

Kegiatan pelatihan ini merupakan program Pengembangan dan pemberdayaan Masyarakat (PPM) perusahaan PT Semesta Centramas (Balangan Coal Group) untuk memberikan pelatihan pemuda agar memiliki keterampilan untuk bisa mencari pekerjaan maupun menjadi peluang usaha agar dapat mengembangkan potensi diri.

Kegiatan pelatihan ini dimulai pada tanggal (14/02/2023) yang diawali dengan kegiatan pengenalan area BLK, Pembinaan mental dan sikap (Bintalsik) selama 5 hari.

Dalam kegiatan bintalsik ini peserta pelatihan diharapkan mampu memberikan seluruh konsentrasinya serta semangatnya untuk mampu menyerap semua ilmu yang berkaitan dengan mekanik.

“Kegiatan bintalsik ini sebagai kegiatan awal dalam merubah sikap agar bisa menjadi pemuda yang memiliki manajemen waktu yang baik,” kata Rahmi, tim BLK Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam bintalsik juga semua peserta diberikan pencerahan dalam memahami arti sebuah pekerjaan, sehingga etos kerja bisa terbentuk dengan baik serta daya saing dalam kompetisi mencari peluang pekerjaan atau usaha bisa lebih meningkat.

Setelah kegiatan bintalsik peserta memasuki pelatihan mekanik yang diawali dengan mengenal semua peralatan yang berhubungan dengan mekanik serta mengenal dasar-dasar mekanik baik kendaraan ringan sampai ke mobil diesel.

Kegiatan pelatihan ini berlangsung dengan durasi selama 200 jam, Sampai tanggal 15 Maret 2023 dengan final kegiatan adalah mengikuti tes BNSP (Badan Nasional Sertifikat Profesi) berstandar nasional.

“Pertama kami berterima kasih kepada pihak Balai Latihan Kerja (BLK) dan PT Semesta Centramas yang sudah memberikan kami kesempatan mendapatkan keterampilan mekanik mobil diesel. Selama kegiatan kami banyak mendapatkan ilmu terkait perbaikan mobil diesel”. Kata Ketua Kelompok Peserta Pelatihan.

Terakhir, Heriansyah Rusli, Section Head of CSR Balangan Coal Companies menyampaikan harapannya terhadap 16 pemuda dari 7 Desa sekitar wilayah operasional perusahaan setelah mengikuti kegiatan ini.

“Harapan perusahaan adalah agar pemberian pelatihan Bintalsik maupun mekanik mobil diesel selama 25 hari ini dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya dalam meraih peluang baik dalam berwirausaha maupun bekerja diperusahaan yang mereka inginkan.” (

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *