Wabup Morut Semangati Tamatan SMAN 1 Petasia Agar Sukses Meraih Masa Depan’

Topikterkini.com.Morowali Utara – Wakil Bupati Morowali Utara H. Djira K, S.Pd, M.Pd, menghadiri acara pelepasan dan perpisahan peserta didik kelas XII (kelas III) SMAN 1 Petasia tahun ajaran 2022/2023 di Kolonodale, Senin (20/3/2023).

Wabup yang pernah menjadi guru di sekolah tersebut bernostalgia sekaligus menyemangati siswa-siswi setempat agar bisa lanjut ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan berhasil.

“Saya dari kampung, pak Bupati juga dari kampung. Karena perjuangan keras dan doa dari orang tua, kami bisa kembali mengabdi dan dipercayai untuk memimpin daerah yang sama-sama kita cintai ini,” kata Wabup.

Ia berharap agar para tamatan SMAN 1 Petasia ini bisa berlomba meraih prestasi, bukan sebaliknya terjebak pada hal-hal negatif.

“Jangan sampai terjadi seperti biasa kita baca di medsos atau di koran, banyak generasi muda yang tersangkut narkoba atau seks bebas. Kasihan orang tua yang sudah berjuang keras demi kebaikan anaknya tapi hasilnya justru sebaliknya,” kata Wabup.

Morowali Utara saat ini, lanjut Wabup, menjadi primadona sebagai daerah Industri. Tenaga kerja dari luar daerah berbondong-bondong masuk, terutama mereka yang memiliki keahlian khusus.

Daerah industri ini akan terus berkembang yang berarti lapangan kerja akan terus terbuka. Namun peluang ini justru akan diisi tenaga kerja dari luar jika putra daerah tidak membekali diri dengan pendidikan dan keterampilan khusus.

Wabup juga menekankan pemerintah daerah saat ini sangat memperhatikan jenjang pendidikan putra daerah Morut. Hal itu terlihat dengan adanya bantuan uang kuliah kepada para mahasiswa.

Bantuan ini untuk meringankan beban orang tua agar anaknya yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi bisa terbantu pembiayaannya.

“Pemda Morut berkomitmen agar kualitas sumberdaya manusia ke depan semakin baik dan berkualitas,” tambahnya.

Sebelumnya, turut memberikan sambutan Kepala Sekolah SMAN 1 Petasia, Ningsih, SE dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Menengah Wilayah IV Kabupaten Morowali dan Morowali Utara, Jansen Lobus, SE, ME.

Acara pelepasan dan perpisahan ini turut dihadiri para orang tua siswa, guru-guru, tokoh pendidik, serta tokoh masyarakat.

Laporan: Sutrisno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *