Bank Sampah SMK Negeri 2 Lubuk Basung Sebagai Inovasi Pengelolaan Sampah Yang Berkelanjutan.

Topikterkimi.com_Bank sampah pelayanan sampah dalam sistem Tabungan dan Pengelolaan, sebuah Bank lokal di SMK Negeri 2 Lubuk Basung Agam Sumatera Barat, dimulai sejak 11 Januari 2023

Dan mulai dimunculkan oleh tim SMK Negeri 2 Lubuk Basung dalam pembelajaran kurikulum P5 dengan tema gaya hidup berkelanjutkan dan kegiatan ini berhasil meraih perhatian warga SMK Negeri 2 Lubuk Basung dan masyarakat.

Bank sampah, pelayanan sampah dalam sistem tabungan dan pengelolaan telah mulai berope
rasi semenjak Januari 2023 dan secara bertahap menerapkan program program kreatif
dan efektif.

Dengan tujuan dapat mengatasi permasalahan sampah dilingkungan setempat khusunya di SMK Negeri 2 Lubuk Basung dan Nagari Sungai Jariang, dengan layanan:

1.Sistem tabungan sampah, Bank sampah ini pengawali dari pembukaan sitem tabungan dari 2 jenis sampah organik dan an organik. Untuk kedua jenis sampah ini masih dibatasi.

Sampah organik dibatasi untuk kertas dan untuk sampah anorganik dibatasi untuk botol atau gelas plastik.

2.Sistem pendaur ulangan Bank sampah ini telah mengembangkan sitem pemdaurulangan dengan melibatkan siswa SMK. Negeri 2 lubuk basung secara aktif.

Mereka dapat membawa sampah kertas ke Bank sampah untuk didaur ulang. Mereka menerima buku tabungan yang dapat diisi dengan nominal uang dan nantiknya dapat ditukarkan dengan uang.

3.Penggunaan teknologi ramah lingkungan, di samping pelayanan sampah dalam bentuk sistem tabungan dan pengelolaan juga menggunakan teknologi terkini untuk pengelola dan mengolah sampah daun dan ranting menjadi pupuk organik.

Bank sampah bekerjasama dengan Jurusan ATAN untuk melakukan proses ini dan membagi pengetahuan ini kepada siswa lain untuk Jurusan yang berbeda.

4.Pengkampanyean kesadaran lingkungan melalui Bank sampah, setelah mengolah sampah secara efisien, bank sampah ini juga giat mengkampanyekan kesadaran lingkungan.

Sekolah menyelenggarakan acara dan bimtek untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya pengelolaan sampah yang berkelanjutkan dan berdampak positif pada lingkungan.

Kegiatan inovasi yang dibentuk ini menegaskan betapa pentinnya peran bank sampah dalam membangun lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan di SMK. Negeri 2 Lubuk Basung.

Bank sampah merupakan pelayanan sampah dalam sistem tabungan dan pengelolaan diharap
kan akan menjadi contoh inspiratif bagi komunitas lain seluruh sekolah untuk mengadopsi praktik pengelolaan sampah yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Dengan diterimanya ide pendirian Bank sampah ini, diharapkan Bank sampah mendapatkan lebih banyak dukungan dan perhatian.

Sehingga usaha sekolah dalam mengelola sampah secara berkelanjutan dapat semangkin ditingkatkan dan menyebar kesekolah-sekolah lain. (Syafrianto )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *