Ini Transformasi Lombok Timur di Era Pembangunan Syamsul Luthfi

TOPIKTERKINI.Com LOMBOK TIMUR – Masa kepemimpinan Syamsul Luthfi sebagai Wakil Bupati Lombok Timur mendampingi H. Sukiman Azmi dari 2008 hingga 2013 mencatatkan berbagai prestasi dan kemajuan signifikan bagi daerah tersebut. Berbagai sektor mengalami peningkatan pesat berkat kebijakan dan program inovatif yang diterapkan.

Pembangunan Infrastruktur :

Selama masa jabatannya, pembangunan infrastruktur di Lombok Timur berkembang pesat. Berbagai proyek jalan raya, jembatan, dan fasilitas umum lainnya berhasil diselesaikan, membuka akses yang lebih baik bagi masyarakat. Proyek-proyek ini tidak hanya meningkatkan mobilitas warga tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dengan memperlancar distribusi barang dan jasa.

Pemekaran Desa :

Salah satu pencapaian monumental di bawah kepemimpinannya adalah  pada tahun 2010 – 2011 melakukan  adalah pemekaran desa. Kebijakan strategis ini tidak hanya meningkatkan jumlah desa di Lombok Timur tetapi juga meningkatkan alokasi dana desa, membawa manfaat berkelanjutan bagi masyarakat setempat. Pemekaran ini memungkinkan setiap desa untuk lebih mandiri dan fokus pada pembangunan sesuai dengan kebutuhan spesifik mereka, yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pembebasan Lahan Bendungan Dam Pandan Dure :

Pada saat itu Syamsul Luthfi sebagai Ketua DPRD Kabupaten Lombok Timur bersama Bupati Lombok Timur pada masa itu Bapak Ali Bin Dachlan, melakukan penyelesaian pembayaran pembebasan lahan warga seluas 440 Ha sampai masa Jabatan Ali Bin Dachlan selesai menjabat sebagai Bupati sehingga Bapak Syamsul Luthfi maju sebagai Calon Wakil Bupati mendampingi Bapak Sukiman Azmy dengan nama paket SUFI (Sukiman – Luthfi) dan akhirnya memenangkan Perhelatan Pada Pilkada Lotim oleh pasangan calon Sukiman Luthfi dan berkomitmen lanjutkan proyek Dam Pandan Dure untuk menyelesaikan kekeringan air di wilayah selatan.

Proyek Bendungan Pandan Duri :

Proyek pembangunan Bendungan Pandan Duri menjadi inisiatif penting dalam mengatasi masalah kekeringan di wilayah tersebut. Dimulai pada tahun 2011 dan selesai pada 2014 dengan biaya sekitar Rp 513 miliar, bendungan ini menyediakan suplai air yang berkelanjutan untuk irigasi, melayani 5.168 hektare lahan pertanian. Selain itu, bendungan ini diharapkan dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja di sektor pertanian, memberikan dampak positif pada perekonomian lokal. Proyek ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam memastikan ketahanan air dan pangan bagi masyarakat Lombok Timur, dari persoalan itu Syamsul Luthfi benar benar tokoh yang pro aktif selesaikan masalah kekeringan di wilayah selatan dengan solusi Dam Pandan Dure tuntas hingga sampai sekarang Masyarakat Selatan menikmatinya.

Pengalihan Pelanggan KLP Aikmel ke PLN :

Pada tahun 2013, PLN resmi mengambil alih pelanggan eks Koperasi Listrik Pedesaan (KLP) Aikmel di Lombok Timur. Pengalihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan keandalan pasokan listrik di daerah pedesaan, dengan 7.759 pelanggan KLP Aikmel yang kini mendapatkan layanan lebih baik dari PLN. Langkah ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memastikan bahwa semua warga, termasuk di daerah terpencil, mendapatkan akses listrik yang andal dan berkualitas serta murah dan pelayanan Listrik Menyala sepanjang hari terlaksana kan tuntas di era pemerintahan Syamsul Luthfi.

Peningkatan Kualitas Jalan Kabupaten :

Pada tahun 2007, Lombok Timur memiliki jalan kabupaten sepanjang 795,40 km, dengan banyak jalan rusak parah. Pemerintah kabupaten bersama DPRD mengalokasikan dana dengan sistem tahun jamak atau multiyears untuk memperbaiki jalan-jalan ini.

Sejak itu, jalan kabupaten kini menggunakan  aspal hotmix, meningkatkan kualitas dan kenyamanan bagi pengguna jalan. Peningkatan kualitas jalan ini tidak hanya mempermudah transportasi dan mobilitas warga tetapi juga mengurangi biaya perawatan kendaraan dan mempercepat waktu tempuh, memberikan dampak positif pada produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

Secara keseluruhan, kepemimpinan Syamsul Luthfi telah membawa perubahan signifikan bagi Lombok Timur. Melalui berbagai program dan kebijakan yang diterapkan, daerah ini mengalami perkembangan yang pesat.

Liputan; Nang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *