Kecamatan Paleleh Resmi Ditetapkan Sebagai Kawasan Transmigrasi Oleh Direktur Kemendes PDTT RI

Topikterkini.com.|Buol – Direktur Perencanaan Kawasan Transmigrasi Kemendes, RI nenghadiri Konsultasi publik perwujudan transmigrasi Paleleh, Kabupaten Buol menuju Indonesia Emas 2045.

Kunjungan direktur perencanaan, perwujudan dan kawasan transmigrasi. Kementerian desa, PDT dan transmigrasi republik indonesia.

Diketahui, berdasarkan keputusan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi nomor 496 tahun 2024 bahwa, Kawasan transmigrasi paleleh telah resmi ditetapkan sebagai kawasan transmigrasi.

Kegiatan yang mengusung tema Konsultasi publik perwujudan transmigrasi Paleleh menuju indonesia emas 2045 berlangsung dilapangan desa Kwalabesar Sabtu, (19/10/2024).

Kepala Dinas Kawasan dan Perumahan Kabupaten Buol, Darsad, ST mengatakan Kawasan transmigrasi paleleh ini meliputi Kecamatan paleleh, Kecamatan paleleh Barat, Kecamatan Gadung Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah dengan luas sekitar 20.419 hektar yang terbagi ke dalam tiga sub kawasan dan setiap subkawasan memiliki klasifikasi dan potensi pengembangan yang berbeda, namun saling mendukung satu sama lain dalam mencapai tujuan bersama, yaitu menjadikan paleleh sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru di Kabupaten Buol.

Darsat mengajak semua pihak yang hadir pada Konsultasi publik perwujudan transmigrasi Paleleh menuju indonesia emas 2045 ini, untuk turut memberikan masukan dan saran konstruktif demi kesuksesan program ini.

“Kita semua berharap bahwa kawasan transmigrasi paleleh dapat menjadi contoh kawasan transmigrasi yang berhasil dan berdampak nyata bagi pembangunan ekonomi daerah,” ujarnya.

Pj. Bupati buol Drs. Moh. Muchlis, MM mengatakan transmigrasi, sebagai instrument pembangunan yang telah teruji sepanjang sejarah, menjadi salah satu pilar utama dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi didaerah.

“Momentum ini sangat berharga bagi Kabupaten Buol, karena kawasan ini memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi yang baru.”

“Kami percaya bahwa kesuksesan program ini sangat bergantung pada dukungan dan partisipasi aktif dari masyarakat, program transmigrasi Paleleh bukan hanya milik pemerintah, tetapi juga milik masyarakat, yang diharapkan akan menjadi pelaku utama dalam pembangunan kawasan ini,”pungkasnya.

Muchlis berharap dengan ditetapkannya paleleh menjadi Kawasan transmigrasi. Menajdi percepatan pertumbuhan ekonomi diwilayah kecamatan paleleh kabupaten buol secara keseluruhan.

Direktur Perencanaan, perwujudan Kawasan Transmigrasi, direktorat jendral PK trans Kemendes Republik Indinesia Laode Mujahirin mengatakan sebelum adanya rencana transmigrasi paleleh ini, sebelumnya sudah ada transmigrasi air terang dikecamatan tiloan, transmigrasi kecamatan paleleh ini adalah inisiatif pemerintah daerah, melalui warga masyarakat yang kemudian diimplementasikan oleh pemerintah daerah.

Laode menambahkan proses ini sudah melewati tahapan yang cukup panang kurang lebih sduah 18 tahun dan efektifnya ini didua tahun terakhir ini.

Kami dipusat melalui pusat terpadu melakukan review dokumen yang ada memastikan seluruh lahan yang ada sudah clear and clear atau diluar area hutan lindung, hutan produksi maupun swaka alam.

Turut hadir direktur perencanaan perwujudan dan kawasan transmigrasi kementerian desa, pdt dan transmigrasi republik indonesia Laode mujahirin, direktur fasilitas pemanfaatan Dana Desa Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Andre Iksan Lubis .M.Si, Kepala Pusat Penyusunan Keterpaduan Rencana pembangunan desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi BPI Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi Republik Indonesia, Kepala Balai pelatihan dan pemberdayaan masyarakat desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Makassar Andi muhamad ruah, M.Si,.

Lalu dari pemerintahan Kabupaten Buol turut dihadiri Bupati Buol Drs. Moh. Muchlis, MM. Sekretaris kabupaten buol Dadang, SH.MH, kepala dinas tenaga kerja dan transmigrasi Darsad, ST., kepala-kepala OPD, Forkompimda, camat Paleleh, lukman, S.Pt. kepalaikepala desa se kecamatan Paleleh, Ketua BPD sekecamatan Paleleh, Tokoh masyarakat, Tokoh Pemuda dan insan pers.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *