Ibukota Santiago diguncang kerusuhan

TOPIKTERKINI.COM – SANTIAGO : Presiden Chili Sebastian Pinera menyatakan keadaan darurat di ibu kota Santiago pada Sabtu pagi, ketika kota berpenduduk 6 juta itu menjadi kacau di tengah kerusuhan yang menyebabkan gedung pusat kota terbakar dan sistem metro ditutup.

Pengunjuk rasa berkerudung hitam marah oleh kenaikan tarif baru-baru ini pada transportasi umum menyalakan api di beberapa stasiun metro, menjarah toko, membakar bus umum dan mengayunkan pipa logam di pintu putar stasiun kereta api selama perjalanan sore Jumat, menurut saksi mata, media sosial dan rekaman televisi.

Pinera berbicara kepada negara itu pada jam-jam awal Sabtu, menyatakan penutupan darurat ketika sirene memenuhi udara malam di pusat kota, dan polisi dan petugas pemadam kebakaran bergegas untuk menahan kerusakan.

Pinera mengatakan ia akan meminta undang-undang keamanan negara khusus untuk menuntut “penjahat” yang bertanggung jawab atas kerusakan di seluruh kota, sementara pada saat yang sama mengatakan ia bersimpati dengan mereka yang terkena dampak kenaikan suku bunga.

“Dalam beberapa hari mendatang, pemerintah kami akan menyerukan dialog … untuk meringankan penderitaan mereka yang terkena dampak kenaikan tarif,” kata Pinera dalam pidato siarannya.

Chili adalah salah satu negara terkaya di Amerika Latin, tetapi juga, di antara yang paling tidak setara. Frustrasi atas mahalnya biaya hidup di Santiago telah menjadi titik api politik, mendorong desakan untuk melakukan reformasi dalam segala hal, mulai dari pajak negara dan peraturan ketenagakerjaan hingga sistem pensiunnya.

Enel Chile, anak perusahaan utilitas Italia Enel, mengatakan pengacau telah membakar kantor pusat perusahaan di pusat kota. Rekaman televisi lokal menunjukkan api naik ke sisi gedung ketika petugas kebakaran berjuang untuk menembus kerumunan massa pengunjuk rasa.

Perusahaan mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diposting di Twitter bahwa pekerja telah dievakuasi ke tempat yang aman.

Siswa sekolah menengah dan mahasiswa memulai protes setelah pemerintah menaikkan tarif pada 6 Oktober hingga $ 1,17 untuk naik metro puncak, menyalahkan biaya energi yang lebih tinggi dan peso yang lebih lemah.

Protes berubah semakin keras pada hari Jumat sore, dan pada sore hari, para pejabat telah menutup semua 136 stasiun metro kota, yang menghubungkan lebih dari 87 mil jalur.

Sistem metro akan tetap ditutup hingga akhir pekan, dengan pejabat mengatakan “kehancuran serius” membuatnya tidak mungkin mengoperasikan kereta dengan aman.

Para demonstran menekuk pot dan membunyikan klakson dengan polisi yang bersenjatakan tongkat dan gas air mata di seluruh kota yang biasanya tenang hingga Jumat malam.

Manajemen Metro mengatakan ada lebih dari 200 insiden pada sistem kereta bawah tanah Santiago dalam 11 hari sebelumnya, sebagian besar melibatkan anak-anak sekolah dan siswa yang lebih tua yang melompati rintangan dan merusak gerbang.

Sebelumnya pada hari Jumat, setelah pertemuan dengan kepala metro dan menteri dalam negeri, Menteri Transportasi Gloria Hutt mengatakan kepada wartawan kenaikan tarif tidak akan dibatalkan. Dia mengatakan pemerintah mensubsidi hampir setengah dari biaya operasional metro, salah satu yang paling modern di Amerika Latin.

“Ini bukan diskusi yang seharusnya meningkat ke tingkat kekerasan yang telah kita lihat,” katanya.

Editor: Azqa

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *