oleh

DKPTPH Sulsel Gelar Sosialisasi B2SA Melibatkan PKK Bantaeng

TOPIKterkini.com, BANTAENG – Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (DKPTPH) Provinsi Sulawesi Selatan (SulSel) menggelar sosialisai Pangan Beragam Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA).

Kegiatan tersebut, selain menggelar sosialisai juga menjalin kerja sama dengan Tim Penggerak PKK (TP PKK) Provinsi Sulawesi Selatan (SulSel) bertempat, di Ruang Pola Kantor Bupati Bantaeng. Jum’at, (14/12/2018).

Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan DKPTPH SulSel, H Muhammad Haris menjelaskan bahwa pihaknya sengaja melibatkan PKK dengan harapan agar dapat lebih meningkatkan akselerasi gerakan B2SA.

“Sasarannya masyarakat lebih terpacu menggunakan pangan lokal dalam kehidupan sehari-hari karena sangat bermanfaat dibanding makanan cepat saji yang menyimpan beragam efek samping serta bisa berdampak buruk bagi kesehatan,” ucap Haris.

Menurut dia, tahun ini pihaknya mencoba bergerak secara berkesinambungan dengan menggandeng PKK karena ada kesamaan dengan gerak dan langkah institusinya,

Olehnya itu, Dinas Ketahanan Pangan memadukan dengan PKK agar ada keterpaduan dalam rangka percepatan gerakan konsumsi pangan B2SA. Gerakan ini telah dilakukan sejak 2010 di SulSel, lanjutnya

Selain B2SA, DKPTPH juga menggalakkkan KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) di Kabupaten Bantaeng. Bantaeng dipilih karena memiliki beragam pangan lokal yang khas diantaranya uwi (dioscorea alata) yang banyak mengandung karbohidrat, protein dan lemak yang aman dikonsumsi penderita penyakit diabetes dan kolesterol.

Sementara itu, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Bantaeng, Hj Rahmah Arsyad yang mewakili Ketua TP PKK Bantaeng dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas program DKPTPH bersama PKK SulSel yang juga melibatkan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bantaeng dan PKK Bantaeng.

Dirinya menuturkan bahwa keberhasilan pembangunan suatu daerah ditentukan oleh ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas dengan mengkonsumsi pangan B2SA. Untuk itu kata dia PKK harus mengambil peran utama mensosialisasikannya kepada masyarakat.

“Tentu saja kegiatan ini dapat dijadikan sarana untuk meningkatkan pengetahuan bagi kader-kader PKK sebagai ujung tombak terdepan pentingnya mengkonsumsi makanan beragam, bergizi, seimbang dan aman”, kata Rahma

Dalam sambutan yang dibacakannya, Wakil Ketua PKK Bantaeng menghimbau kader PKK mulai tingkat Kabupaten, Kecamatan, Desa/Kelurahan hingga tingkat Dusun/Lingkungan untuk menjadi pelopor dalam membudayakan gerakan B2SA.

“Saya mengajak kita semua memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam berbagai tanaman untuk mendekatkan sumber gizi dan sumber pendapatan keluarga”, tambah dia.

Turut hadir saat itu perwakilan Pokja III TP PKK SulSel, narasumber dari DKPTPH SulSel maupun DKP Bantaeng serta para pengurus dan kader PKK Bantaeng.

Editor : Samsir

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed