Kekurangan Dua Puluh Unit, KPU Bantaeng Rangkai Ribuan Kotak Suara

oleh -

Laporan Jurnalis Bantaeng : AM Dg Nappa

TOPIKterkini.com-Bantaeng — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantaeng mulai merangkai kotak suara Pemilu 2019, Kapolres, Dandim 1410 dan Bawaslu Kabupaten Bantaeng turut saksikan proses perakitan kotak suara, yang berlangsung di Gudang penyimpanan Logistik Pemilu di Kompleks Perkantoran Jalan Andi Mannappiang, Jumat 8 Februari 2019.

Ketua KPU Hamsar Hamna yakinkan kekuatan kotak suara berbahan kardus dengan mempersilahkan petugas untuk menduduki kotak suara yang baru dirangkai, “Jika ada yang ragukan soal kekuatan kotak suara, boleh coba diduduki” Kata Hamsar.

Untuk merangkai kotak yang berjumlah 3 ribuan ini, KPU Bantaeng kerahkan PPK dan PPS “Mereka dibagi berdasarkan dapil. Jadihari ini hingga besok yang merakit PPK/PPS Kecamatan Bantaeng dan Eremerasa. Untuk hari Minggu dan Senin, PPK/PPS Bissapu, Sinoa dan Ulu Ere. Untuk hari Selasa dan Rabu dari kecamatan Gantarang Keke, Tompobulu. Dan terkahir hari Kamis dari kecamatan Pajjukukang. Mereka di rolling setiap harinya sampai semua kelar” Kata Ketua KPU Hamsar.

Kotak suara yang berbahan Duplex lanjut Hamsar, bahan yang kedap air tapi meski begitu bukan berarti kotaknya sengaja disiram air, kotak yang mampu menahan beban hingga 80 Kg ini hanya berisi kertas suara dan logistik, “Kotak ini bisa menahan beban seberat 80 Kg, itu membuktikan bahwa kotak suara karton kedap air ini tahan untuk kebutuhan pemungutan suara” lanjutnya.

untuk merangkai 3118 unit kotak suara, seperti yang dilaporkan Sekretaris KPU Bantaeng Ishak, jumlah tersebut lanjutnya, belum termasuk tambahan 4 TPS pasca Perbaikan DPTHP2.

Seperti diketahui jumlah TPS awalnya berjumlah 606 TPS, Pasca perbaikan terdapat pemekaran 4(empat) TPS menjadi 610 TPS. Jumlah kotak suara yang terdistribusi hanya untuk 606 TPS adalah 3030 Unit dan kebutuhan Rekapitulasi di tingkat PPK disiapkan 11 Unit untuk 8 Kecamatan jumlah 88 unit, kebutuhan Kotak suara untuk Tambahan TPS masih dalam proses sebanyak 20 Unit.

Proses perakitan kotak suara, dihadiri Kapolres AKBP Adip Rojikan, Dandim 1410 Letkol Kav. Nanang S, Komisioner Bawaslu Ningsih Purwanti.(Ar)

Loading...