Tim Penggerak PKK Bantaeng Gelar Sosialisasi Cegah Penyakit Jantung Dengan Cara Cerdik

Laporan Jurnalis Bantaeng : Armin

TOPIKterkini.com-Bantaeng – Tim penggerak PKK Bantaeng menggelar rapat koordinasi (Rakor) di Balai Kartini Bantaeng, Selasa, 5 Maret. Dalam Rakor itu, juga diisi dengan sosialisasi pencegahan penyakit jantung.

Sosialisasi diisi oleh dokter ahli jantung, dr Alimudai. Dalam kesempatan itu, dia membeberkan beberapa kiat untuk mencegah terjadinya penyakit jantung. Kiat-kiat itu dirangkai dalam akronim Cerdik.

Dia mengatakan, Cerdik adalah akronim dari kata Cek secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet sehat yang seimbang, serta Istirahat yang cukup. “Sedangkan yang terakhir adalah Kelola stress,” jelas dia.

Dia mengatakan, ada banyak faktor yang menyebabkan penyakit jantung. Beberapa di antaranya adalah konsumsi makanan yang tidak sehat. Terutama terlalu banyak mengkonsumsi lemak yang tidak sehat.

Ketua Tim Penggerak PKK Bantaeng, Sri Dewi Yanti yang membuka Rakor secara resmi, pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa rapat koordinasi ini merupakan pertemuan rutin bulanan yang selain sebagai ajang konsolidasi, tentunya juga sebagai wadah untuk berbagi ilmu kepada seluruh peserta yang hadir.

Menurutnya, sampai saat ini, PKK Bantaeng telah berhasil menggerakkan keluarga di Bantaeng untuk lebih aktif dalam meningkatkan kesehatan. Salah satu wujud yang ditunjukkan adalah dengan penggunaan tumblr guna mengurangi sampah plastik.

“Untuk Sulawesi Selatan, baru Kabupaten Bantaeng yang berkomitmen melakukan gerakan penggunaan tumblr dan mengurangi sampah plastik. Ini merupakan gerakan sederhana namun memiliki manfaat besar bagi kehidupan kita, simple, dan sehat,” kata dia. (Ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *