oleh

Gabungan Organisasi Wanita Gelar Peringatan Hari Kartini ke–140

Laporan Jurnalis Kalimantan: Yahya

TOPIKterkini.com, Kalimantan Barat – Pemkab Sekadau mengapresiasi pelaksanaan peringatan hari kartini ke–140 oleh Gabungan Organisasi Wanita (GOW) yang digelar di Gedung Kateketik, Jalan Merdeka Selatan, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Sabtu (06/04/2019).

Wakil Bupati Sekadau, Aloysius menilai setiap tahun terjadi peningkatan emansipasi wanita terus meningkat. Untuk itu, ia berharap, kedepan kegiatan tersebut semakin giat lagi terutama melibatkan anak-anak SMA, khususnya perempuan.

“Agar mereka memahami bagaimana peran perempuan dalam pembangunan, dalam berkarir, dalam politik untuk membangun bangsa ini kedepan,” ujar Aloy, usai kegiatan.

Ia mengatakan, peningkatan SDM merupaka salah satu prioritas pembangunan di Kabupaten Sekadau. Berbagai upaya telah dan akan terus dilakukan pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan derajat kaum perempuan.

“Dalam kaitannya pembangunan khususnya pemberdayaan perempuan, banyak program pembangunan yang harus menjadi fokus dan membutuhkan partisipasi dari kaum perempuan untuk menjadi motor penggerak,” ucapnya.

Menurut Aloy, pengembangan kepribadian anak tidak harus dari dalam sekolah saja. Diluar pun, kata dia, anak-anak bisa mengembangkan kemampuannya sesuai dengan bakat dan minat anak itu sendiri.

“Seperti seminar, nanti diberikan bahwa permepuan tidak hanya selesai sekolah jadi ibu rumah tangga. Kan tidak begitu. Jadi, mungkin bisa bekerja, bisa menjadi politikus. Contoh sekarang perempuan, jadi polisi, tentara dan lain sebagainya,” ungkap Aloy.

Sementara itu, Ketua GOW Kabupaten Sekadau, Vixtima Heri Supriyanti Aloysius menuturkan, peringatan hari Kartini ke–140 lebih awal. Hal itu, lantaran beberapa waktu kedepan akan digelar pesta demokrasi serta pada 21 April merupakan hari paskah.

“Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan, yaitu lomba rangking I, lomba vocal group, seremonial peringatan hari kartini dan seminar singkat generasi sehat,” tuturnya.

Ia menyambut baik masukan agar kegiatan peringatan hari kartini dapat melibatkan pelajar SMA. Saat ini, memang belum melibatkan pelajar lantaran akan ada seminar mewujudkan generasi sehat, cerdas dan berkualitas.

“Kedepan bukan tidak mungkin dalam peringatan hari kartini dengan melibatkan remaja putri. Untuk peranan politik, mudah-mudahan peran perempuan semakin memberi warna dilegislatif,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasi Pidsus Kejari Sekadau, Pabung Kodim 1204/Sanggau, Kasat Binmas Polres Sekadau, Kepala Disporapar Kabupaten Sekadau, Perwakilan Satpol PP Kabupaten Sekadau serta organisasi wanita yang ada di Kabupaten Sekadau.

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed