Pemilu di wilayah hukum Polres Nias dilakukan secara transparan, demokratis, jujur dan adil, Tokoh Agama di Pulau Nias Serukan Warga Kondusif

oleh -

Laporan Jurnalis Sumatra Utara: Fajar Hulu

TOPIKterkini.com, Gunungsitoli – Sejumlah tokoh agama di Kepulauan Nias secara terpisah menyerukan agar segenap masyarakat menjaga kondusifitas serta mempercayakan seluruh rangkaian perhitungan suara kepada penyelenggara sehingga ketertiban terjaga hingga pengumuman hasil pesta demokrasi. Jumat (17/05/2019)

Pdt Onast Hia STh, tokoh masyarakat Nias Barat sekaligus Sekjend ONKP mengatakan, pada dasarnya Pemilu 17 April telah berlangsung sukses di Nisbar.

“Saya mewakili tokoh masyarakat Nias Barat mengapresiasi kinerja KPUD Nisbar selaku penyelenggara Pemilu. Hajatan telah berlangsung transparan, demokratis, jujur dan adil, ” ujarnya.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat Nisbar untuk mendukung dan mempercayakan pengitungan suara Pemilu 2019 kepada penyelenggara Pemilu.

Imbauan kemudian disampaikan Ketua MUI Gunungsitoli Ustad Abdul Hadi Chaniago. Ia menjelaskan bahwa, pihaknya selalu menyampaikan imbauan ketertiban pasca Pemilu dalam ibadah di masjid serta perkumpulan sosial masyarakat.

“Kalau di internal kami dipastikan tidak ada itu. Paling yang dikhawatirkan penyusup dari luar, itupun sampai saat ini belum pernah terjadi,” urainya seraya menilai KPUD dan Bawaslu sebagai penyelenggara Pemilu di Gunungsitoli sudah bekerja keras.

Sementara itu, Ketua Persekutuan Gereja-gereja dan Lembaga-lembaga Injili Indonesia (PGLII) Kepulauan Nias, Pdt Bethel Ndraha STh MA menekankan, kewajiban masyarakat sebagai pengguna hak pilih telah terlaksana baik pada 17 April lalu.

Saat ini tinggal menunggu hasil suara dengan tentram, sembari sabar menerima vigur pemimpin yang segera diumumkan KPU. “Mari kondusif, jangan terikut ajakan ajakan anarkis untuk mpmperkeruh suasana,” katanya.

Demikian soal demo demo yang terjadi, serta ajakan ajakan unjuk rasa yang tersebar di Medsos, masyarakat diminta jangan terpancing, lebih baik fokus bekerja sesuai profesi masing masing.

Ketua PCNU Nias Utara, M Yusuf Zebua juga mengeluarkan statement menjaga kerukunan pasca Pemilu dan menjelang pengumuman KPU. “kami kira KPUD telah bekerja dengan baik sesuai amanat undang-undang, transparan, demokratis jujur dan adil.

Tokoh masyarakat Nisut ini mengapresiasi berbagai pihak atas penyelenggaraan Pemilu yang merupakan hajatan akbar demokrasi Indonesia.

Loading...