Pererat Silaturahmi, HIPMA-LKB Gelar Kegiatan Budaya

oleh -

TOPIKterkini.com, BUTON UTARA – Paska lebaran Idul Fitri 1440 hijriah, Himpunan Mahasiswa Langkumbe (HIPMA-LKB) menggelar kegiatan budaya di Desa Labulanda Kecamatan Kulisusu Barat, Buton Utara beberapa waktu lalu. Hal itu bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar pemuda, mahasiswa dan masyarakat.

Ketua HIPMA-LKB Andi Supri menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk pelestarian adat dan budaya (Alionda) dalam bentuk tarian seperti Ngibi, Lense, serta dirangkaikan dengan Pencak Silat disamping sebagai pertunjukkan seni, juga sebagai salah satu seni pertahanan diri warga setempat sejak era Kerajaan Buton dimasa lampau.

“Kegiatan ini kami lakukan untuk melestarikan budaya tarian Ngibi, Lense dan diwarnai Pencak Silat sebagai pertunjukannya, yang berlangsung selama dua hari,” ucapnya.

Selain itu, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mengingatkan masyarakat tentang arti pentingnya pelestarian budaya, yang merupakan kekayaan nilai historis suatu bangsa.

Dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan, kegiatan seperti ini sempat tidak terlaksana. Hal itu dikarenakan kurangnya partisipasi masyarakat maupun pemerintah setempat.

Melihat antusias para pemuda yang ikut serta dalam menyukseskan kegiatan tersebut, Ketua Demisioner HIPMA-KULBAR Obin berharap agar kegiatan Alionda ini dapat dijadikan sebagai agenda tahunan yang diselenggarakan secara rutin, sehingga dapat terekspos terus-menerus ke masyarakat luas.

Ia juga berharap agar para pemuda, masyarakat serta Pemerintah setempat lebih antusias dan proaktif lagi kedepannya menyelenggarakan berbagai kegiatan budaya.

“Kegiatan Ini sangat bermanfaat terlebih untuk membangun kesadaran kita terhadap budaya yang telah dianut turun-temurun oleh tokoh-tokoh adat sebelumnya,” pungkasnya. (#)

Laporan Jurnalis Butur: Suar Santo
Publisher: Anton

Loading...