Pasukan Israel Membunuh Dua Warga Palestina Saat Aksi Protes di Perbatasan Gaza

oleh -
Pasukan Israel Membunuh Dua Warga Palestina Saat Aksi Protes di Perbatasan Gaza

TOPIKTERKINI.COMGAZA CITY: Pasukan Israel menembak dan membunuh dua warga Palestina dan melukai puluhan lainnya selama protes di sepanjang perbatasan Gaza-Israel pada hari Jumat, kata tim kesehatan Palestina.

Mereka menyebut bahwa salah satu yang mati adalah Ali Al-Ashqar, 17, tetapi orang kedua tidak dikenal. Tujuh puluh lainnya terluka, 38 diantaranya oleh terkena tembakan langsung, kata pejabat medis.

Seorang juru bicara militer Israel mengatakan bahwa pasukan yang menjaga perbatasan dihadapkan dengan lebih dari 6.000 demonstran di beberapa titik di sepanjang pagar, beberapa melemparkan alat peledak dan bom api.

Dia mengatakan bahwa beberapa berhasil melintasi pagar, sebelum kembali ke Gaza, dan pasukan Israel menanggapi dengan tindakan penyebaran kerusuhan. Juru bicara itu tidak mengomentari kematian tersebut.

Para demostran telah melakukan demon mingguan selama 18 bulan yang disebut “Great March of Return”, menyerukan diakhirinya blokade keamanan yang diberlakukan di Gaza oleh Israel dan Mesir, dan bagi Palestina untuk memiliki hak untuk kembali ke tanah dari mana keluarga mereka melarikan diri atau terpaksa melarikan diri selama berdirinya Israel pada tahun 1948.

Israel menolak pengembalian semacam itu, dengan mengatakan itu akan menghilangkan mayoritas Yahudi.

Para pejabat Mesir, Qatar dan PBB telah berupaya menjaga perbatasan tetap tenang dalam beberapa bulan terakhir.

Sekitar 210 warga Palestina telah terbunuh sejak aksi protes dimulai pada Maret 2018, kata pejabat medis Gaza.

Pada periode itu, seorang tentara Israel ditembak mati oleh seorang penembak jitu Palestina di sepanjang perbatasan, dan yang lainnya terbunuh dalam serangan Israel yang menyamar ke Gaza.

Israel merebut Gaza dalam perang 1967 dan menarik para pemukim dan tentaranya pada tahun 2005.

Ia mengatakan blokade keamanan diperlukan untuk menghentikan senjata mencapai Hamas, yang telah berperang tiga kali dengan Israel dan menembakkan ribuan roket ke sana dalam dekade terakhir.

 

Editor : AzQ

Loading...