oleh

Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga & Germas di Selenggarakan di Kelurahan Lahundape Kendari

TOPIKTERKINI.COM, KENDARI – Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga merupakan program yang diselenggarakan oleh KEMENKES RI melalui Puskesmas Kemaraya Kota Kendari. Guna mewujudkan masyarakat di Kelurahan Lahundape yang berperilaku sehat, hidup dalam lingkungan yang sehat, serta sadar akan pentingnya kesehatan.

“Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat, Pertemuan Lintas Sektor Tingkat UPTD, Puskesmas Kemaraya, Kelurahan Lahundape, Dalam Rangka Program Indonesia Sehat dengan konsep Pendekatan Keluarga (PIS_PK). Diselenggarakan di Kantor Kelurahan Lahundape, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari”

Hery S.Si. M.Si selaku Pemerintah Kelurahan Lahundape mengapresiasi program yang diselenggarakan Puskesmas Kemaraya. Sebab saat ini masih banyak warga belum paham mengenai kesehatan lingkungan yang akan menimbulkan penyakit nantinya.

“Pihak kelurahan Lahundape mengapresiasi pihak Puskesmas Kemaraya atas informasi seberapa besar inisiatif masyarakat untuk mensukseskan program berbasis lingkungan,” paparnya.

Menurut Hery, persoalan di Lahundape sangat kompleks, utamanya terkait pembangunan sarana dan prasarana. Untuk dapat menyelesaikan masalah tersebut tentu membutuhkan anggaran dan perlu waktu yang panjang. Sebagian sudah dialokasikan melalui dana kelurahan dan sudah masuk dalam rancangan hingga 2020 mendatang dan membutuhkan peran semua elemen.

“Yang paling urgen adalah masih banyaknya masyarakat yang menggunakan kali untuk membuang air besar,” tandas Lurah Lahundape, Hery, S.Si. M.Si. Kamis, (17/10/19).

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kemaraya, Drg. Rahmatia mengatakan program ini diharapkan juga mampu menyiasati permasalahan akses ke pelayanan kesehatan di beberapa tempat. Program ini merupakan program lanjutan dari adanya program kunjungan Puskesmas Kemaraya yang telah dilaksanakan sebelumnya.

“Gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) untuk dapat mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat dengan adanya kerjasama dari berbagai sektor. Program ini merupakan program lanjutan dari kegiatan keperawatan kesehatan masyarakat (Perkesmas) yang dilakukan oleh puskesms melalui kunjungan ke rumah-rumah,” ujar Kepala Puskesmas Kemaraya, drg. Rahmatia.

Program ini diawali dengan pendataan seluruh keluarga menggunakan formulir profil kesehatan keluarga (PROKESGA) dan paket Informasi kesehatan keluarga (PINKESGA). Data tersebut selanjutnya digunakan untuk penyusunan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi di tingkat puskesmas. Dalam pelaksanaannya keluarga akan dibina oleh kader atau pertugas kesehatan dari puskesmas melalui penyuluhan dan kegiatan lainnya.

Selain program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga, pemerintah juga mencanangkan program lain untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Program ini dilaksanakan dengan melakukan kerjasama lintas sektor dan lintas program. GERMAS merupakan tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat guna meningkatkan kualitas hidup.

“GERMAS dilakukan oleh setiap individu dalam keluarga di lingkungan masyarakat dengan cara melakukan praktek pola hidup sehari-hari. Dalam program ini, pemerintah berperan sebagai penyedia layanan/sarana dan prasarana kesehatan sekaligus menggerakkan institusi dan organisasi masyarakat untuk berperan aktif dalam menciptakan masyarakat yang sehat,” jelas drg. Rahmatia.

Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga dan GERMAS merupakan upaya pemerintah dalam membangun kemandirian masyarakat dalam hidup sehat. Sekaligus sebagai upaya promotif dan preventif yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Harapannya masyarakat yang produktif dan sadar akan kesehatan serta dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional akan tercipta.

Laporan Jurnalis Sultra : Tim

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed