Jelang HJB ke 765, Ratusan Pasukan Orange Terima Zakat dan Infaq

Bantaeng–TOPIKterkini.com– Jelang Hari Jadi, Bupati Bantaeng salurkan zakat dan infaq kepada 361 orang tenaga kebersihan diserahkan secara simbolis di Gedung Balai Kartini, Rabu 4/12/2019.

Dikatakan bahwa penyaluran zakat dan infaq tahap ke-23 ini didiatribusikan oleh Badan Amil Zakat Kabupaten Bantaeng dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Jadi Bantaeng yang ke 765.

Ketua Baznas Bantaeng, H. Abdul Karim Bagada dalam laporannya menyebutkan bahwa penerimaan zakat dan infaq sampai dengan bulan Oktober 2019 sebesar Rp. 1.146.397.369, bersumber dari 123 sekolah atau 824 orang guru serta 37 SKPD atau 2085 orang PNS.

“Sejak satu tahun terakhir ini, penerimaan zakat dan infaq meningkat cukup signifikan sehingga bisa mencapai angka Rp. 1.146.397.369”, jelasnya.

Sementara itu, Bupati Bantaeng H. Ilham Azikin saat membacakan sambutannya menghaturkan apresiasi kepada Baznas yang telah melakukan kerja-kerja dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dia juga mengapresiasi aparat pemerintahan maupun guru yang secara sadar menyisihkan penghasilannya untuk keluarga kita yang membutuhkan.

“Patut disyukuri bahwa Progres pengumpulan yang dilaksanakan oleh Baznas setiap tahun mengalami peningkatan hal ini menunjukkan kesadaran aparat pemerintahan maupun guru yang secara sadar menyisihkan penghasilannya untuk keluarga kita yang membutuhkan” ungkap Ilham. Penyaluran terhadap petugas kebersihan lanjut Bupati, diberikan kepada mereka yang merupakan orang orang terdepan yang memberikan kontribusi yang sangat baik dan positif dalam menjaga kebersihan di Kabupaten Bantaeng, tambah Bupati.

Putra mantan Bupati dua periode Azikin Solthan ini juga berharap kepada Camat, Lurah dan Kepala Desa agar membantu mensosialisasikan efaktifitas pengumpulan zakat dan infak diwilayah masing-masing.

“Zakat merupakan salah satu ibadah dalam ajaran agama islam yang memiliki dimensi yang sangat luas. Maka dari itu saya harapkan para Camat, Lurah dan Kepala Desa ikut membantu mensosialisasikan kepada masyarakat di wilayah masing-masing untuk ikut menjadi bagian daripada efektifitas pengumpulan zakat dan infaq bagi masyarakat yang memang dikategorikan wajib mendapatkannya”, ujar Bupati.

Pendistribusian sampai dengan bulan Desember ini Rp. 106.008.805, belum termasuk bantuan insentif seperti bantuan bencana kebakaran dan angin kencang, bantuan rehab rumah, bantuan mesjid, kursi roda dam tongkat, bantuan penyelesaian pendidikan, bantuan kelengkapan sekolah bagi anak-anak yang tidak mamp, bantuan pengobatan masyarakat miskin yang sakit, bantuan pemberian makanan bagi anak balita yang kurang gizi, santunan bagi orang tua jompo serta pemulangan mayat dan orang terlantar.

Pada kesempatan itu, Bupati menyerahkan secara simbolis bantuan kepada petugas kebersihan, korban bencana alam dan bedah rumah. Turut hadir pada pendistribusian zakat yakni Ketua DPRD Bantaeng, Hamsyah, para unsur Forkopimda, para Kepala SKPD, para Canat, serta para tenaga kebersihan se-Kab. Bantaeng. (Ar)
Laporan : AM Dg Nappa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *