oleh

Bupati Bantaeng Launching Desa Anti Politik Uang

Bantaeng–TOPIKterkini.com– Bupati Bantaeng Ilham Azikin bersama Bawaslu Kabupaten Bantaeng Launching sekaligus meresmikan pembentukan Desa Sadar Pengawasan dan Anti Politik uang di Balai pertemuan Desa Bonto Tangnga Kecamatan Ulu Ere, Kamis 5/12/2019.

Desa Bonto Tangnga yang menjadi desa pertama di Kabupaten Bantaeng menjadi Desa Sadar Pengawasan dan Anti Politik uang, menurut ketua Bawaslu Bantaeng Muh. Saleh, terpilihnya desa Bonto Tangnga untuk menyandang gelar ini, pasca pikades oktober lalu, diantara 12 desa yang melaksanakan pilkades, desa ini dinilai paling kondusif sehingga diharapkan menjadi pelopor bagi desa yang lain, secara umum, jelas Muh. Saleh.

“Kecamatan Ulu Ere adalah yang terkecil jumlah pelanggaran pada Pemilu 2019 berdasarkan laporan awal Panwascam Ulu Ere”, papar Saleh.

Ketua Bawaslu Provinsi HL Arumahi dalam sambutannya berharap masih ada desa lain yang bisa menyusul desa Bonto tangnga menjadi desa Anti Politik Uang.

“Hari ini kita Launching satu desa dengan harapan akan muncul desa-desa lainnya, minimal setiap kecamatan ada satu desa seperti Desa Bonto Tangnga” harapnya.

Sesuai paradigma Bawaslu RI, membangun demokrasi dimulai dari desa dengan melibatkan multi pihak,kata Arumahi. Lanjut dikatakan Arumahi, Berdasarkan Undang Undang nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilu tugas Bawaslu semakin diperluas yaitu pencegahan, pengawasan, penindakan dan penyelesaian sengketa, tambahnya.

Bupati Bantaeng Ilham Azikin dalam sambutannya mengatakan kegiatan workshop dan pembentukan desa sadar pengawasan dan anti politik uang menjadi keharusan jika ingin demokrasi lebih bermartabat, katanya mengawali sambutannya.

Lebih jauh dia juga menguraikan sistem demokrasi di Pilkades seharusnya dijadikan cermin bagi sistem demokrasi di level atasnya, namun yang kenyataannya ribuan desa belum bisa mewarnai pola pemilihan justru sebaliknya pikades terkontaminasi oleh sistem pemilihan yang ada diatasnya, kata Ilham menirukan buku yang dibacanya.

Dia juga berharap dengan kegiatan ini tidak hanya sekedar kegiatan seremonial melainkan dengan hadirnya Desa sadar pengawasan dan anti politik uang dapat menjawab dari apa yang digambar orang lain demokrasi.

Dibagian akhir sambutannya Bupati yang dikenal dengan sebutan IA, berharap Desa Bonto Tangnga mampu jadi pelopor di Kecamatan Ulu Ere dan Kabupaten Bantaeng umumnya sebagai desa menjadi yang menjunjung tinggi martabat demokrasi.

Usai memberikan sambutannya Bupati Bantaeng Ilham Azikin memukul Gong pertanda resminya desa Bonto Tangnga menjadi desa sadar pengawasan dan anti politik uang. Peresmian desa sadar pengawasan turut dihadiri Kapolres AKBP Wawan Sumantri, Danramil Ulu Ere mewakili Dandim 1410, Asiaten 1 Hartawan, Ka Kesbanpol, Camat Ulu Ere, Bissappu dan Sinoa. (Ar)
Laporan : AM Dg Nappa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed