oleh

Filipina Selatan Porak-poranda Usai Guncang Gempa berkekuatan 6,8

TOPIKTERKINI.COM – MANILA: Gempa bumi yang dahsyat terjadi di dekat kota Davao, Filipina, Minggu, menewaskan seorang anak, merusak gedung-gedung dan menyebabkan beberapa orang cedera, kata para pejabat, yang terbaru dalam serangkaian getaran yang menyerang bagian selatan negara itu dalam beberapa bulan terakhir.

Penjual bunga yang terperangkap ditarik keluar dari dinding yang runtuh setelah gempa kuat yang melanda Padada, provinsi Davao del Sur, Filipina selatan pada hari Minggu, 15 Desember 2019. (John Angelo Jomao-as / AP)

Gempa berkekuatan 6,8 itu berpusat 61 kilometer barat daya Davao di pulau Mindanao, pada kedalaman 28,2 km, kata Survei Geologi AS, merevisi turun dari besarnya dari 6,9 sebelumnya.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan tidak ada ancaman tsunami dari gempa tersebut, berdasarkan data yang tersedia.

Vincent Fernandez, walikota kota Matanao di provinsi Davao del Sur, dekat pusat gempa, mengatakan kepada Radio DZMM bahwa seorang gadis berusia enam tahun telah meninggal setelah tembok runtuh menimpa dirinya.

Fernandez mengatakan sejauh mana kerusakan belum jelas tetapi pihak berwenang membutuhkan makanan, air dan terpal dan selimut untuk membantu warga.

Anthony Allada, petugas informasi publik dari Kota Magsaysay di dekatnya, mengatakan 14 orang terluka tetapi tidak ada yang serius. Jalan dan bangunan, termasuk kantor pemerintah setempat, rusak dan listrik padam di kota, katanya.

Penduduk melihat sebuah bangunan yang hancur setelah gempa berkekuatan 6,8 skala Richter di kota Padada di provinsi Davao del Sur di pulau Mindanao, Filipina selatan. (Ferdinandh Cabrera / AFP)…

Wilayah itu diguncang oleh empat gempa kuat pada Oktober dan November, yang bersama-sama menewaskan sedikitnya 20 orang.

“Kami tidak tahu harus berbuat apa lagi. Apakah kita merespons dulu atau memperhatikan keluarga kita terlebih dahulu? ”, Allada mengatakan kepada Radio DZMM.

Presiden Rodrigo Duterte, yang berasal dari Davao, berada di kota ketika gempa terjadi.

“Dia baik-baik saja. Dia dan putrinya, Kitty, berada di rumah mereka ketika gempa melanda, ”kata juru bicara kepresidenan Salvador Panelo. “Ibu Negara Honeylet sedang dalam perjalanan pulang ketika tanah bergetar. Dia mengatakan mobilnya bergoyang. Dia tidak terluka. ”

Sebuah bangunan tiga lantai runtuh di kota Padada, di Davao del Sur, agen bencana setempat melaporkan. Pihak berwenang mengatakan beberapa orang berada di dalam gedung, yang menampung pasar grosir, dan upaya penyelamatan sedang berlangsung.

“Saya melihat bangunan itu ketika jatuh,” Leighton Angcan, seorang warga Padada mengatakan kepada Reuters. Itu yang tertinggi di sini dan itu benar-benar hancur. Saya melihat orang-orang berlarian di luar. ”

Filipina Selatan Porak-poranda Usai Guncang Gempa berkekuatan 6,8
Di atas, struktur yang rusak setelah gempa berkekuatan 6,8 yang berpusat di 61 kilometer barat daya Davao terjadi pada hari Minggu, 15 Desember 2019. (Facebook Wilayah PIA Davao)

Rekaman video yang diposting oleh pengguna di Twitter menunjukkan kabel listrik overhead bergoyang dan meletus dalam percikan api. Video lain menunjukkan air mengalir keluar dari kolam renang hotel.

Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs) mengatakan kerusakan dan gempa susulan dapat diperkirakan terjadi.

Beberapa gempa susulan yang kuat tercatat setelah gempa utama, yang terkuat berkekuatan 5.7 berpusat di utara General Santos City.

Filipina duduk di “Cincin Api” Pasifik yang aktif secara geologis dan sering mengalami getaran.

Tonton video yang memperlihatkan air di kolam renang hotel saat gempa:

Editor: AzQ

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed