Antisipasi Terjangkit Virus Corona, Begini Upaya Dinkes Bantaeng

Bantaeng-TOPIKterkini.com- Menyikapi surat edaran Bupati Bantaeng Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng mengambil langkah dalam mencegah penularan Virus Corona (2019-nCoV), hal ini disampaikan Andi Ihsan melalui rilisnya, keredaksi Media Topikterkini.com, Rabu 4/3/2020.

Langkah dimaksud adalah upaya strategis dan antisipatif, sebagai bagian dari kewaspadaan dan langkah-langkah pencegahan.

Kadis kesehatan Bantaeng, Andi Ihsan mengatakan upaya kewaspadaan terhadap virus yang sedang menjadi perhatian dunia ini, perlu disosialisasikan pada tempat kerja.

Juga edukasi secara menyeluruh kepada masyarakat, baik secara langsung maupun melalui media elektronik.

“Kita sedang berupaya memberikan edukasi lewat sosialisasi kepada masyarakat, dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap virus Corona,” ujarnya.

Dia juga mengajak masyarakat untuk membiasakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), berupa rajin mencuci tangan pakai sabun dan air bersih.

Cuci tangan ini setelah memegang benda atau barang pada fasilitas umum, juga sebelum makan dan minum.

Hindari memegang sekitar wajah, mulut dan hidung, jika belum mencicipi tangan. Serta menggunakan masker saat batuk dan pilek. Terutama saat berada pada Rumah Sakit atau keramaian.

“Juga jangan lupa mengatur pola makan, seperti makan, minum teratur dan bergizi, serta beristirahat yang cukup. Hindari juga mengonsumsi alkohol DNA rokok, karena mampu menurunkan imunitas,” tambahnya.

Pihaknya juga meminta masyarakat agar berobat ke fasilitas kesehatan, jika timbul gejala batuk, pilek, sakit tenggorokan dan demam.

Kini, semua Puskesmas lingkup Dinkes Bantaeng juga telah menyiapkan masker gratis bagi masyarakat yang membutuhkan.

Masker itu disimpan pada titik strategis dalam area Puskesmas. Diberi nama pojok masker.

“Kami instruksikan seluruh Kepala Puskesmas untuk menyiapkan pojok masker pada setiap Puskesmas, bagi masyarakat yang membutuhkan,” jelasnya.

Juga tidak dianjurkan untuk melakukan kontak dengan pasien yang telah terkonfirmasi Covid-19.

Masyarakat bisa menghubungi cal center Surveilans Kabupaten Bantaeng (081242450154/085242582831) ataupun PSC 119 melalui (0413) 21408.

Kewaspadaan menghadapi virus Corona ini juga dianggapi serius oleh Pemkab Bantaeng dengan mengeluarkan surat edaran.

Surat edaran itu bernomor : 004/150/III/2020. Ditandatangani langsung oleh Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin. (Ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *