Cegah Corona, Dinkes Bantaeng Kerahkan Bidan Desa/Kelurahan Lakukan Pemantauan ke Masyarakat

TOPIKTERKINI.COM–BANTAENG: Tindakan Preventif dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng dengan mengerahkan bidan desa/kelurahan dengan Door to Door melakukan pemantauan Dan pengawasan terhadap warga di Kabupaten Bantaeng. Hal ini disampaikan Kadis Kesehatan Dr. Andi Ihsan melalui selularnya, Senin 16/3/2020.

“Kami instruksikan ke semua Kepala Puskesmas untuk melakukan pemantauan serta pengawasan kewarga yang datang/ bepergian dari/ke luar negri maupun ke daerah lain di dalam negri yang terpapar covid 19” Kata Kadis.

Menyikapi Instruksi Kadis, Kepala Puskesmas Kota drg. Ulil Amri mengerahkan bidan desa/Kelurahan dengan mengunjungi warga melakukan pemantauan/pengawasan kepada warga, dengan menanyakan riwayat perjalanan selama 14 hari terakhir.

“Semua bidan desa/kelurahan bersama pendampingnya turun kemasyarakat melakukan pemantauan dan pengawasan” kata Ulil.

Bahkan menurutnya Pantauan sekarang bukan lagi warga yang baru tiba dari luar negri, sekarang sudah mengecil warga yang baru dari daerah terjangkit dalam negri juga kita awasi terutama, yang baru berkunjung dari DKI Jakarta, Jateng Dan daerah lainnya yang sudah terjangkit virus covid 19, jelasnya.

Dinkes laksanakan pemantauan pengawasan bagi warga yang baru tiba dari daerah atau negara yg sudah terpapar covid 19. Selanjutnya jika ditemukan warga yang baru kembali dari daerah terjangkit warga tersebut kami pantau dan mengawasi jika terdapat indikasi/gejala tertular maka disarankan untuk segera mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat” tutur dokter gigi ini.

Indikasi kepanikan warga juga terlihat dengan ketersediaan masker maupun hand sanitizer di pasar umum sudah berkurang bahkan nyaris lenyap, belum lagi pembelian bahan makanan instan dibeli warga dengan jumlah yang tidak biasanya.

Kepala Puskesmas yang terletak dijantung kota ini menghimbau agar masyarakat tidak perlu panik menghadapi wabah yang diakibatkan virus ini, melainkan masyarakat bersama pemerintah menghadapi wabah penyakit agar tidak menjadi pendemik didaerah Kita, “jika mengetahui ada anggota keluarga yang baru tiba setelah melakukan perjalanan dari daerah terjangkit, segera berkoordinasi dengan petugas agar dilakukan penanganan terhadap yang bersangkutan, himbaunya.

Dia juga merasa prihatin dengan wabah penyakit yang menjadi perhatian Serius semua stakeholder. “Baru kali ini ada wabah penyakit yang menyita perhatian semua stakeholder” pungkasnya. (Ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *