oleh

Ratusan narapidana melarikan diri dari penjara jelang penguncian virus corona

TOPIKTERKINI.COM – RIO DE JANEIRO: Ratusan tahanan melarikan diri dari empat penjara Brasil pada hari Senin, sehari sebelum hak istimewa pembebasan sehari mereka akan ditangguhkan karena wabah koronavirus, lapor otoritas penjara negara bagian Sao Paulo dan media setempat melaporkan.

Otoritas penjara negara bagian Sao Paulo mengatakan tidak dapat mengatakan berapa banyak narapidana yang melarikan diri karena “masih menghitung jumlah buron yang tepat.” Media lokal melaporkan bahwa sebanyak 1.000 telah melarikan diri dari empat penjara – Mongaguá, Tremembé, Porto Feliz dan Mirandópolis – di depan kuncian.

Sebuah video di media sosial menunjukkan aliran panjang tahanan yang konon melarikan diri dari penjara. Reuters tidak dapat memverifikasi kebenaran atau lokasi video.

Otoritas penjara negara bagian Sao Paulo mengatakan “tindakan pembangkangan” telah terjadi di penjara sebelum penangguhan program pembebasan sehari.

Penangguhan itu perlu, tambahnya, karena 34.000 narapidana akan kembali ke penjara dan “akan memiliki potensi tinggi untuk menginstal dan menyebarkan virus corona dalam populasi yang rentan, menghasilkan risiko kesehatan bagi server dan penjaga.” Dikatakan penegak hukum “menjaga situasi.”

Negara Bagian Sao Paulo adalah rumah bagi Komando Ibukota Pertama, geng penjara paling kuat di Brasil, yang berkembang dengan cepat di seluruh negara dan di negara-negara tetangga. Ini lalu lintas senjata, narkoba dan barang selundupan lainnya.

Penjara-penjuru Brasil yang terlalu banyak sering melihat kerusuhan di penjara yang mematikan di antara geng-geng lawan. (AN)

Editor: Azqa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed