oleh

Janda Miskin dan Lima Anak di Desa Lapao Pao Kolaka, Butuh Uluran Tangan

TOPIKterkini.com – Kolaka : Kehidupan Ibu Rosdiana, seorang janda miskin warga dusun 6 yang terletak di Desa Lapao-pao, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra). Dia hidup bersama lima orang anak dan menempati sebuah gubuk reyot tak layak huni di daerah tersebut.

“Memprihatinkan,,,,seorang janda miskin dengan lima orang anak dan tinggal dirumah reyot sangat mengharapkan uluran tangan Dermawan,” Ujar Eman Putra Kolaka. Jumat (19/3/2020).

Dalam memenuhi kebutuhan keluarganya. Janda miskin tersebut hanya mengandalkan kerja keras sebagai tani. Dan sampai saat ini belum pernah tersentuh dengan bantuan pemerintah.

Padahal, di Desa Lapao-Pao, sejak tahun 2015 telah mendapat kucuran dana desa (DD) melalui APBN. Program ini bertujuan membangun desa, yang di mulai dari infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat agar membentuk desa mandiri serta dapat bersaing di dalam membangun desa.

Namun,,,. Tak dapat di pungkiri, bahwa kemiskinan selalu ada dalam setiap kehidupan. Maka dari sinilah peran pemerintah pusat maupun daerah dapat mengubah pola kehidupan masyarakat melalui bantuan sosial sehingga dapat mengubah mainset atau pola pikir masyarakat untuk berupaya hidup mandiri karena adanya dorongan pemerintah setempat.

“Pemerintah Desa Lapao-pao, sekiranya untuk dapat melihat secara langsung keadaan warganya. Dan diharapkan dapat memberikan bantuan melalui anggaran dana desa agar masyarakat miskin dapat tersentuh, bukannya fakum,” tutur Eman.

Selain itu, anak-anak mereka yang berstatus pelajar demi menuai pendidikan. Mereka menempuh perjalanan dalam kiloan meter dengan berjalan kaki karena rumahnya terisolir dari desa.

“Pemerintah daerah dan desa. Dalam hal ini, Pemda Kolaka dan Pemdes Lapao-pao, jangan hanya tutup mata, mereka butuh bantuan yang layak seperti masyarakat lainnya. Berbagai upaya pemerintah pusat melakukan revisi UU agar anggaran yang lahir dari rakyat dapat dirasakan oleh rakyat agar kesetaraan dapat merata di setiap golongan,” tutupnya.

Laporan : Asdin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed