oleh

Humas Bukan Sekadar Jinjing Tas

TOPIKterkini.com-Jeneponto- Pekerjaan pokok sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), bukanlah hal yang mudah karena didalamnya mengembang tugas negara untuk kepentingan rakyat secara luas dan diperhadapkan banyak hal.

Hubungan masyarakat (Humas) Pemkab Jeneponto merupakan mata, telinga, mulut, tangan dan kaki pemerintah daerah (Pemda), bukan sekadar jinjing tas saja. Namun harus banyak melakukan diskusi dengan masyarakat intelektual.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bagian (Kabag) Hubungan masyarakat (Humas) Pemerintah Kabupaten Jeneponto, Mustaufiq mengatakan jabatan sebagai humas, baginya akan diperhadapkan dengan masyarakat intelektual.

Tentu kata dia, harus banyak mengetahui dan memahami karakter dan budaya masyarakat secara luas, di Butta Turatea Kabupaten Jeneponto. Apalagi tugas sebagai Plt itu, hanya tiga bulan.

Dengan modal pemahaman seperti itu dapatlah mencerminkan humas itu tidak krisis data. Pada prinsipnya kata dia, selembar daun saja yang jatuh, harus mereka ketahui, maksudnya kegiatan yang berkaitan dengan pemerintah harus dipahami.

“Karakter dan budaya masyarakat didaerah, berbagai macam di 11 kecamatan di Butta Turatea. Kalau humas itu berjalan baik, Humas itu, selaku pembisik bupati dan harus paham dengan kondisi sosial secara umum,” ujarnya.

Plt Kabag Humas yang dikenal dengan hobi membaca itu, mengharapkan kepada insan pers agar sedapat mungkin memahami karakter dan budayanya. Karena insan pers merupakan sumber informasi yang berintraksi langsung dengan masyarakat.

“Pentingnya membangun interaksi positif, keakraban fungsional lewat gerbang humas. Dan harus banyak bersentuhan dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, utamanya para praktisi wartawan dan lainnya,” pungkasnya(*) 

Laporan: Sam

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed