oleh

Pemdes Tanggetada Kolaka, Prioritaskan Pengadaan Bibit Ke Warganya

TOPIKterkini.com – Kolaka : Dalam menjalankan roda pemerintahan sebagai Kepala Desa Tanggetada, kecamatan Tanggetada, kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra). Ia terus berupaya semaksimal mungkin dalam menata kesejahteraan warganya melalui peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan program pembangunan secara merata.

“Pemerintah pusat mengucurkan anggaran yang tidak sedikit nilainya dengan kisaran kurang lebih 850 triliun. Namun, dengan adanya pandemi Covid-19 maka pemangkasan anggaran pun dilakukan sekitar 59 triliun diluar dari birokrasi”

Agar pembangunan desa dapat merata, maka pemerintah desa (pemdes) tanggetada. Dalam hal ini Kades Kunir, prioritaskan program pengadaan bibit yakni pengadaan bibit nilam sebanyak 1.000 kg, bibit kelapa genja 1.146 pohon dan pengadaan bibit jeruk nipis sebanyak 500 pohon.

Selain pengadaan bibit, ia pun prioritaskan program pengadaan perahu viber sejumlah 7 unit, mesin perahu tipe 24 dan 16 PK, bantuan aladin (atap lantai dinding), jamban keluarga 30 unit, taman pesisir pantai, lampu jalan 50 unit serta pembagian masker sebagai alat pelindung diri (APD), bantuan pertukangan kayu dan batu. Ungkap Kades tanggetada Kunir.

Kades Kunir mengatakan, program pembangunan desa tanggetada yang menjadi skala prioritas melalui dana desa (DD) tahun anggaran 2020. Program itu merupakan hasil musrembang dengan masyarakat tanggetada dan tertuang di dalam APBDes.

“Semua program jadi skala prioritas desa tanggetada yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2020. Sesuai APBDes, berdasarkan hasil musrembang desa,” Ujar Kades Tanggetada, Kunir.

Lanjut kata Kunir, bahwa kami dan seluruh aparat desa didukung oleh masyarakat tanggetada. Olehnya itu, dirinya akan terus berupaya membangun desa secara transparansi agar desanya dapat selaras dengan desa lain.

“Atas dukungan masyarakat tersebut sehingga program pembangunan desa tanggetada nantinya, akan berjalan maksimal sesuai yang diharapkan,” tutur Kades Kunir.

Laporan : Asdin Remi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed