oleh

Hadirkan Program Peduli, Gugus Tugas, Jurnalis dan OMS Akan Menyasar Warga Yang Paling Terdampak Ekonomi Oleh Covid-19 Di Jenponto.

Topikterkini.com-Jeneponto- Sebuah program akan diluncurkan oleh Organisasi Masyarakat Sipil (OMS), kelompok jurnalis dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Jeneponto. Program yang diberi nama PROGRAM PEDULI, program ni direncanakan akan menyisir masyarakat yang tidak tercover dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTSK) tetapi pada saat ini sangat terdampak secara ekonomi.

Haerullah Lodji salah seorang member dari OMS menjelaskan jika program ini adalah hasil perenungan dan diskusi dari teman-teman OMS.
“Ini merupakan hasil diskusi dari teman-teman OMS yang bersandar pada kenyataannya bahwa masih ada masyarakat yang tidak tercover ke dalam DTSK, yang jika kita mengunjunginya langsung ternyata masyarakat ini dapat dikatakan layak untuk menerima intervensi, kenyataan itu membuat kita berpikir bahwa mesti ada langkah alternatif yang segera kita ambil untuk dapat memberikan intervensi kepada masyarakat yang dimaksudkan agar paling tidak dapat tertangani dalam jangka pendek yang kemudian kita akan usahakan untuk jangka panjangnya” terangnya.

Program peduli ini dirancang untuk melibatkan banyak elemen baik itu institusi maupun elemen masyarakat lainnya.
“Program ini kita kemas untuk melibatkan banyak elemen yakni masyarakat dan juga institusi, masyarakat dapat berkontribusi untuk membantu mencari sasaran yang tidak tercover kedalam DTSK kemudian melaporkan kepada kami sesuai format yang telah ada, masyarakat juga bisa berperan sebagai donatur untuk menyediakan bantuan pangan atau sejenisnya, sedangkan institusi pemerintahan dijadikan partner untuk mempercepat kelancaran program ini, jadi program ini sifatnya sutenability atau ada keberlanjutan dimana meraka yang terdata akan kita dampingi misalnya jika yang bersangkutan tidak memiliki administrasi kependudukan maka kita akan bantu melinkkan dengan dinas terkait, jika yang bersangkutan belum terdata dalam DTSK maka kita akan dampingi ke dinas sosial untuk sampai terdata dan juga berupaya untuk mendapatkannya bantuan-bantuan sosial seperti PKH dan BNPT, atau jika yang bersangkutan tidak memiliki asuransi kesehatan maka kehadiran kita bersama akan membantu mereka untuk mendapatkan BPJS kesehatan yang bersubsidi termasuk jika rumahnya tidak layak maka kita akan berupaya untuk menghubungi pihak-pihak terkait, begitu seterusnya, saya pikir itu yang menjadi visi kita dari awal, olehnya itu kami mengajak semua elemen untuk bersama-sama berbuat, jadi secara garis umum teman-teman OMS berupaya untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam hal penanganan dampak ekonomi di tengah pandemic Covid-19” terang Odji sapaan akrabnya.

Format yang akan digunakan untuk menjangkau masyarakat yang dianggap layak mendapatkan dan tidak tercover dalam jaringan pengaman sosial pemerintah.

Pelaksanaan harian Tim Gugus Tugas Letkol Inf. Irfan Amir disela-sela kesibukannya melakukan pengepakan bantuan pangan untuk masyarakat berkomitmen akan bersinergi untuk membantu masyarakat yang terdampak tersebut.
“Selaku PLH saya berkomitmen untuk membantu dan menyantuni warga ditengah pandemic Covid-19, jadi mari seluruh komponen untuk berpartisipasi, menelusuri, menyasar masyarakat yang paling terdampak, kita akan support kegiatan sosial kemanusian ini dan bagi donatur baik perorangan ataupun lembaga kami mengajak untuk peduli terhadap saudara-saudara kita” tegasnya saat melakukan pengepakan bantuan pangan bersama jurnalis dan OMS.(*) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed