oleh

Tim Gerak Cepat (TGC) Dinkes Jeneponto Lakukan Tracing Kontak Terhadap Kasus Positif Baru Covid-19

TOPIKTERKINI.COM-JENEPONTO- Menindak lanjuti kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Jeneponto yang dirilis pertanggal 01/06/2020 Tim Gerak Cepat (TGC) Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Jeneponto segera melakukan tracing. (Selasa, 02/06/2020).

Mappibaaung salah seorang anggota Tim Gerak Cepat (TGC) Dinkes Jeneponto menjelaskan tujuan didilakukannya tracing untuk mengendalikan penyebaran virus.
“Tracing kontak adalah sarana utama untuk mengendalikan penyebaran penyakit menular Covid-19. Ini adalah konsep yang digunakan mendeteksi jumlah orang yang terinfeksi setelah melakukan kontak dekat dengan kasus positif penyakit” terang Bayu sapaan akrabnya.

Dalam tracing kontak yang dilakukan terhadap kasus baru tersebut Tim Gerak Cepat (TGC) Dinkes Jeneponto dibantu Oleh TGC Puskesmas Bontosunggu Kota, Lurah Empoang, Babinsa dan Bhabinkamtibmas menyisir 2 titik.
“Tracing dilakukan di 2 (dua) titik, yaitu Polong-polong Empoang Utara, jalan lingkar, dan RSUD Lanto Daeng Paseng. Saat melakukan tracing terhadap kontak erat kita juga mengambil sampel Spesiman untuk dilakukan pemeriksaan PCR” terang Bayu.

Ditambahkan pula oleh Bayu hasil tracing yang dilakukan oleh Timnya mendapatkan 15 orang kontak erat dan 20 orang kontak longgar.
“Jadi kita ada 2 tim, 6 orang dari puskesmas Bontosunggu Kota an 10 orang dari dinas kesehatan. Tim ini tadi melakukan tracing dan memperoleh hasil yakni 15 orang termasuk kontak erat dan 20 orang termasuk kontak longgar, namun beberapa orang yang menjadi kontak erat dan kontak longgar saat kami dilapangan sedang tidak ada ditempat sehingga pemeriksaan selanjutnya akan kita lakukan setelah mereka kembali.” ungkapnya lewat WhatsApp.

Proses Rapid tes terhadap kontak longgar kasus Covid-19 oleh Tim Gerak Cepat Kabupaten Jeneponto.

Lebih lanjut Tim Gerak Cepat menghimbau kepada masyarakat Jeneponto agar tetap waspada dan menjaga daya tahan tubuhnya.
“Diharapkan pada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik, tetap jaga imun dan berperilaku hidup bersih dan Sehat. Jangan merasa aman dari penyakit ini tapi tetaplah bersikap waspada. Terakhir, Tim TGC berharap agar terjadi sinergitas informasi berbagai pihak dalam rangka pendeteksian secara dini covid-19 di wilayah Kab.Jeneponto sehingga tidak mennjadi masalah kesehatan” himbaunya.

Sebelumnya diketahui pertanggal 01/06/2020 melalui Jubir Tim Gugus Tugas Covid-19 Jeneponto mengumumkan 2 orang tambahan kasus baru yakni pasien inisail Ny. S (34) dan Tn. B (47).(*) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed