oleh

Antisipasi krisis Beras di Masa Covid-19, Kades Talaki Programkan Subsidi Solar bagi Petani Sawah

TOPITERKINI.COM – BUOL |Kepala Desa Talaki Kecamatan Palelelh Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah Husen Mukmin.S.Pd mengalokasikan bantuan dalam bentuk Subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) Solar sebanyak 1000 liter.

Antisipasi krisis Beras di Masa Covid-19, Kades Talaki Programkan Subsidi Solar bagi Petani SawahBantuan subsidi solar tersebut diperuntukan bagi warganya yang menanam padi sawah di lahan seluas 61 hektar.

Kades Talaki saat wawancara dengan media topik terkini Jumat, (12/6/2020) menjelaskan bahwa program subsidi solar untuk penanggulangan bencana non alam ini sebesar 10 juta rupiah di anggarkan dari Dana Desa tahun 2020, adalah inovasi kami untuk meningkatkan hasil produksi padi sawah dan mengantisipasi ketersediaan stok beras di Desa Talaki ketika pandemi Covid-19 berlangsung lama yang sampai saat ini masih sulit di prediksi kaan berakhir.

“Tekhnisnya kami beri bantuan 70 liter Solar setiap 1 buah Hand traktor Desa,dari 12 buah hand traktor yang ada di Desa Talaki”.Sebut Kades.

Lanjutnya Program Subsidi Solar bagi petani sawah ini adalah bentuk tindaklanjut dan kolaborasi dengan Program Pemerintah Daerah Kabupaten Buol di sektor pertanian yaitu Gerakan Tanam Serempak Swasembada Beras ( GERTAK BOS) .

“Dengan program subsidi solar kami targetkan hasilnya bisa mencapai 9 ton gabah atau sekitar 7 ton beras dalam setiap hektar,totalnya bisa mencapai 420 ton beras sehingga stok beras insya allah aman di Desa kami jika terjadi situasi sulit dan pandemi Covid-19 ini sampai lama. “Ungkapnya.

Kades Talaki berharap kepada Pemerintah Kabupaten Buol untuk mendukung program ini agar irigasi yang mengaliri sawah di desa kami dapat berfungsi untuk kepentingan lainnya.

Reporter: Husni Sese

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed