oleh

Komunitas Panco Sambangi Bupati Bantaeng, Ada apa…?

TOPIKTERKINI.COM–BANTAENG: Sejumlah pemuda yang tergabung dalam komunitas Pemuda Anti Covid-19 (PANCO) bertandang ke posko induk percepatan penanganan covid-19 Jalan Dr. Ratulangi, Senin 29/6/2020.

Kehadiran komunitas Panco untuk menyampaikan masukan pada tim Gugus Tugas Covid 19 yang tengah menghadapi fase kebaikan baru.

Terkait merebaknya pemberitaan media Online maupun di Medsos, tentang kebijakan pemerintah berupa kelonggaran pelaksanaan hajatan dengan iringan musik (Electon) komunitas ini menyambangi posko induk Covid 19.

Komunitas Panco yang diwakili juru bicaranya Aldi Naba dan Yusdanar Hakim di terima langsung oleh Ketua Tim Gugas Covid yang juga adalah Bupati Bantaeng Dr. Ilham Syah Azikin bersama juru bicara Tim Gugas dr Andi Ihsan dan beberapa pimpinan OPD.

Kehadiran komunitas Panco untuk memberi dukungan dan apresiasi kerja-kerja Tim Gugas Covid-19 yang telah memberi perlindungan yang baik bagi masyarakat Bantaeng, sehingga daerah ini zero dari penyebaran Covid 19. Disambut baik oleh Ketua Tim Ilham Syah Azikin.

“Tentunya kami ucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat, baik yang datang meminta kelonggaran aktifitas maupun yang memberikan masukan ataupun inisiasi semuanya tentu menjadikan referensi dalam menentukan arah kebijakan pemerintah” tutur Bupati. Hal membuktikan kerja-kerja pemerintah tidak sendirian, tambahnya.

Menurut Ilham, kerja tim Gugas Covid hanya 10 persen, 90 persen adalah kesadaran dan kedisiplinan masyarakat itu sendiri, tutur Ilham.

Dalam sesi audiens, jubir panco Aldi Naba menyampaikan kekhawatirannya dengan merebaknya pemberitaan tentang kebijakan pemerintah melonggarkan izin hajatan dengan hiburan musik elekton, hal ini yang mendorong komunitas Panco menemui Bupati Bantaeng untuk mendapatkan penjelasan terkait berita tersebut.

“Kekhawatiran yg mendalam di rasakan teman-teman Panco dan Masyarakat ketika benar adanya kebijakan ini di berlakukan”, ungkap Aldi, mengingat daerah ini lanjut Aldi, di apit dua kabupaten yang belakangan ini menunjukkan grafik yang negatif dalam penangangan covid-19, tambahnya.

Secara umum semua sektor profesi terkena dampak covid-19, bukan hanya pelaku bisnis hiburan(electon) saja, namun hampir semua lini kehidupan ikut terdampak Pandemi Covid, sela Yuzdanar.

Pada kesempatan tang sama komunitas Panco juga menyampaikan sejumlah masukan dan harapan kepada ketua tim Gugas Covid Bantaeng :
1. Berharap pemerintah lebih mengkaji lagi kebijakan tersebut, serta memberikan penerangan kepada Masyarakat tentang apa langkah yang akan di ambil Pemkab. Bantaeng
2. Berharap pemerintah memasukkan di protokol kesehatan ‘Kebaikan Baru’ tentang batasan usia lansia dan anak yang boleh menghadiri sebuah hajatan.
3. Proses dan sanksi, ketika Masyarakat ada yang melanggar protokol kesehatan, pihak Pemkab. dan aparat kepolisian berkomitmen dalam memberi sanksi yang tegas.
4. Mewajibkan melakukan rapid tes kepada siapapun yg masuk ke Bantaeng dan adanya pembatasan tamu dalam pesta/hajatan.

Aldi naba juga menambahkan, “kami PANCO mendukung apapun bentuk kebijakan yang akan diambil, tambah Aldi.

Dia juga mengingatkan kepada pemerintah bahwa dalam menentukan arah kebijakan keselamatan wargalah yang menjadi prioritas utama, pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama jubir tim gugas covid 19 Bantaeng dr. Andi Ihsan mengungkapkan bahwa arah kebijakan protokol kesehatan dalam fase ‘Kebaikan Baru’ rencana dalam waktu dekat akan diprosentasekan dihadapan Forkopimda yang kemudian hasilnya dilakukan Assesmen oleh Tim Gugas Covid 19 Provinsi untuk mendapatkan pengesahan dari Pusat.

“Semua kebijakan yang akan dilakukan pemerintah daerah harus bersinergi dengan kebijakan pemerintah diatasnya” pungkas Andu Ihsan.
Laporan : Armin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed