oleh

Tindaklanjuti Permendagri No.90 Tahun 2019, Sekda Tolitoli Lakukan Penyesuaian Renja

TOPIKTERKINI.COM – TOLITOLI: Dengan diberalukannya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 90 Tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan, dilakukan penyesuaian terhadap Rencana Kerja (Renja) Program dan Kegiatan khusus lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten Tolitoli Tahun 2021.

Penyesuaian Renja itu dilaksanakan dalam suatu rapat persiapan pelaksanaan verifikasi yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Drs Hi. Mukaddis Syamsuddin, M.Si didampingi Asisten Sekda bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir. Moh Nur Munawar dan Asisten Sekda bidang Administrasi Umum Ir Hardiyan, M.Si di Suwot Pollimpungan Kantor Bupati Tolitoli pada kamis pagi (9/7).

Mengawali pelaksanaan rapat tersebut, Sekertaris Daerah Mukaddis Syamsuddin mengatakan setelah dilakukan penyesuaian ada beberapa program dan kegiatan yang mengalami pengurangan. Kalau yang diusulkan sebelumnya ada 27 program dan 73 kegiatan maka untuk Tahun 2021 nanti hanya ada 4 program dan 15 kegiatan. Dengan demikian kata Sekda, seluruh Bagian sebagai unit kerja yang ada di Sekretariat Daerah Kabapaten Tolitoli harus dapat mengklasifikasikan anggaran berdasarkan kegiatan dan juga berdasarkan unit kerjanya.

Menurut Sekda, Perencanaan pembangunan dan penganggaran yang telah terkelompokkan sampai pada sub kegiatan akan memudahkan stakeholders untuk melakukan pengukuran kinerja dengan cara terlebih dahulu membuat indikator yang relevan.

Olehnya itu dibutuhkan pemahaman yang sama mengenai amanat Permendagri ini dan jangan sampai mempengaruhi kinerja seluruh ASN yang ada di lingkup Sekretariat Daerah. Sekda juga berharap kepada masing-masing Bagian dapat mengerti memahami setiap program dan kegiatan yang diusulkan sehingga apa yang sudah direncanakan dapat terlaksana dengan baik di tahun 2021 mendatang.

Rapat itu dihadiri oleh seluruh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten Tolitoli.

Laporan : Andis

Komentar

News Feed