oleh

Danlantamal VIII Resmikan Samudera Ginunggung Sebagai Potensi Maritim Lanal Tolitoli

TOPIKTERKINI.COM – TOLITOLI | Wakil Bupati Tolitoli Hi. Abdul Rahman Hi.Budding mengucapkan selamat datang dan apresiasi yang tinggi kepada Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Manado Brigjen TNI (Marinir) Donar Philip Rompas beserta rombongan yang melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Tolitoli.

Danlantamal VIII Resmikan Samudera Ginunggung Sebagai Potensi Maritim Lanal TolitoliUcapan selamat datang itu disampaikan oleh Wakil Bupati pada acara peresmian Samudera Ginunggung sebagai Potensi Maritim Lanal Tolitoli sebagai rangkaian kegiatan kunjungan kerja Danlantamal VIII Manado pada Sabtu pagi (18/7) di Dusun Kotanibangun Desa Ginuggung Kecamatan Galang.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati mengatakan, penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Tolitoli pada semua tingkatan berjalan dengan baik dan lancar, hal ini tentu saja tidak lepas dari semakin kondusifnya situasi dan kondisi keamanan yang tercipta atas kerjasama yang baik seluruh jajaran aparatur Pemerintah Daerah, jajaran TNI dan Polri, penegak hukum, tokoh agama, dan elemen masyarakat Kabupaten Tolitoli dalam menjaga dan memelihara perdamaian di daerah ini.

Dikatakan, masyarakat Kabupaten Tolitoli memiliki latar belakang perbedaan etnik, agama, adat dan budaya serta nilai sosial. Pluralitas masyarakat Kabupaten Tolitoli ini jelas Wakil Bupati merupakan realitas sosial yang tidak dapat dipungkiri oleh siapa pun juga.

Danlantamal VIII Resmikan Samudera Ginunggung Sebagai Potensi Maritim Lanal TolitoliSementara itu Danlatamal VIII Manado Brigjen TNI (Marinir) Donar Philip Rompas saat memberikan sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu tugas TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan laut yang diarahkan untuk menggali dan memberdayakan potensi masyarakat Desa maritim menjadi potensi pertahanan serta menciptakan kondisi yang kondusif guna mendukung rencana pembangunan Nasional.

TNI AL menyadari sepenuhnya bahwa apa yang dilaksanakan hanyalah sebagai langkah awal untuk membantu masyarakat dalam membangun daerahnya, kelangsungan dan kesinambungan kegiatan ini sangatlah tergantung kepada peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat dan segenap institusi terkait, utamanya bagi mereka yang peduli terhadap kesulitan masyarakat di wilayah-wilayah yang membutuhkan bantuan.

Danlatnamal berharap, agar kerja sama dan koordinasi yang telah terjalin dengan baik dapat dipelihara dan terus di pertahankan.

Acara itu dintadai dengan penanaman bibit rumput laut dan penaburan benih ikan di laut.

Komandan Pangkalan TNI-AL (Lanal) Tolitoli Letkol Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono menjelaskan bahwa peresmian potensi maritim Lanal Tolitoli ini merupakan bagian dari upaya untuk menghadapi resesi ekonomi yang terjadi saat ini.

Hal ini diharapkan dapat menopang stabilitas ekonomi khususnya di Daerah Kabupaten Tolitoli. Bayu Dwi Wicaksono mengharapkan usaha budidaya rumput laut di Kabupaten Tolitoli dapat menjadi pemicu sekaligus memacu pertumbuhan ekonomi, sehingga sasaran untuk meningkatkan produktivitas dan pendapatan pembudidaya dapat direalisasikan tentunya melalui kesungguhan dan keseriusan sehingga apa yang diharapkan dapat terwujud

Kepada Pemerintah Daerah dan pihak-pihak terkait khususnya seluruh masyarakat Danlanal juga menyampaikan harapan untuk terus bersama-sama membangun kebersamaan dalam menjaga sumber daya rumput laut yang dimiliki serta dapat dikelola secara baik, arif dan bijaksana sehingga dapat bernilai ekonomi bagi daerah dan kesejahteraan bagi masyarakat.

Kegiatan tersebut dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Anggota DPRD Kabupaten Tolitoli, sejumlah Kepala Perangkat Daerah, Pemerintah Kecamatan Galang dan Pemerintah Desa Ginunggung serta seluruh jajaran TNI Angkatan Laut Tolitoli.

Reporter : Sarni Hasan
Foto : Rezi Sanjaya
(Tim Liputan Bagian Prokopim Setdakab Tolitoli)
Editor: Resmi

Komentar

News Feed