oleh

Pemda bersama PHBI Tolitoli Shalat Idul Adha di Masjid Agung Al-Mubaraq

TOPIKTERKINI.COM – TOLITOLI | Hari ini 10 Dzulhijah 1441 Hjiriyah, bertepatan dengan tanggal 31 Juli 2020 umat Islam kembali diingatkan momentum pengorbanan Nabi Ibrahim AS atas kepatuhannya yang diuji oleh Allah Subhanahu Wa ta’ala dengan mimpi yang berturut-turut datang dalam tidur yakni perintah menyembelih anak kesayangannya Nabi Ismail AS.

Nabi Ibrahim meyakini bahwa mimpi itu bukanlah mimpi biasa, hatinya dipenuhi cahaya petunjuk, ia pun bertekad melaksanakan perintah sebab ia yakin perintah itu adalah wahyu Allah yang harus ditunaikan.

Demikian sekelumit khutbah yang disampaikan oleh Ketua Pengadilan Agama Tolitoli Drs H. Abd. Hamid Sanewing, MH saat bertindak sebagai khatib pada pelaksanaan shalat Idul Adha 1441 Hijriah yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah bersama Panitia Hari-Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Tolitoli di Masjid Agung Al-Mubaraq Tolitoli pada Jumat Pagi (31/7).

Shalat Idul Adha yang di imami oleh Ustadz Shobir tepat jam 07.00 itu turut diikuti oleh Bupati Tolitoli Hi. Moh. Saleh Bantilan, SH.,MH, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli Hi. Muchlis, S.Ag.,M.Pd, Asisten Sekda bidang Pemerintahan dan Kesra Anhar Dg. Mallawa, SE serta seluruh pengurus dan jamaah Masjid Agung Al-Mubaraq Tolitoli.

Pelaksana lainnya masing-masing pemandu Takbir Ustadz Ismail Marali, pemandu Shalat Hi. Moh. Wakif Haq, SH.I dan pemandu Jamaah Arham A. Jacub.

Meskipun Kabupaten Tolitoli saat ini berada di zona hijau Pandemi Covid-19, namun seluruh jamaah dianjurkan untuk mengadaptasi kebiasaan baru dengan mematuhi protokol kesehatan.

Sebelum memasuki area Masjid, dilakukan pengukuran suhu tubuh bagi seluruh jamaah oleh tenaga medis yang diturunkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli.

Demikian pula pada saat berada digaris shaf baik di dalam masjid maupun di pelataran masjid semua jamaah menggunakan masker dan mengatur jarak dengan jamaah linnya

Sampai dengan selesai, shalat Idul Adha di Tolitoli berlangsung tertib dan lancar dengan pengamanan yang ketat dari aparat Kepolisian Resort Tolitoli, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tolitoli dan Dinas Perhubungan Kabupaten Tolitoli.

Sementara itu, jumlah hewan qurban Tahun 1441 Hijiriyah yang dilaporkan ke PBHI Kabupaten Tolitoli masing-masing sapi sebanyak 577 ekor dan kambing sebanyak 127 ekor.

Laporan : Yunus

Komentar

News Feed